Gubernur NTT Resmikan Kantor Cabang BLK – LN Di Kota Kupang


Foto : Gubernur NTT Viktor B. Laiskodat Saat Penandatanganan Prasasti Pada Acara Peresmian Kantor Cabang BLK – LN Di Kota Kupang

ZONALINENEWS.COM – KUPANG, Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor B. Laiskodat Resmikan Kantor Cabang Balai Latihan Kerja Luar Negeri (BLK – LN) Berhasil Langgeng Kencana di Kota Kupang, Kamis 22 Agustus 2019, sekira pukul 15.30 wita.

Gubernur NTT Viktor B. Laiskodat dalam sambutanya mengungkapkan, hadirnya Gubernur di tempat acara tersebut adalah sebuah momen yang luar biasa. Sebab, untuk meresmikan sebuah lembaga yang akan melatih Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat NTT untuk menjadi agen – agen perubahan. Menurutnya, Kantor Cabang BLH – LN ini bukan BLH untuk tenaga kerja, tapi tenaga kerja untuk menjadi agen perubahan di NTT. “Jadi nanti kalau para calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal NTT dilatih disini bisa Berhasil Langgeng Kencana seperti nama LBK – LN ini sendiri. Apabila para PMI NTT bisa berhasil dan langgeng maka akan membawa nama generasi muda NTT atas nama tenaga kerja NTT yang tadinya tidak memiliki skil, lalu dia memiliki skil dan ditempatkan disebuah negara yang dipercaya dan berhasil mengembangkan tugas dengan baik maka itu menjadi agen yang membawa NTT untuk dipromosikan didunia internasional,” kata Gubernur NTT.

Dia mengatakan, tugas lembaga ini bukan menyediakan tenaga kerja saja, tapi dia menyediakan sebuah kualitas pelayanan. Sebeb, sebuah kualitas pelayanan itu akan membuat Provensi NTT dikenal di mata Internasional. “Pasti orang akan bertanya dan memuji orang NTT itu kalau kerja luar biasa ya. Nama Gubernur NTT juga kecipeatan gagah sedikitkan,” ungkap Gubernur NTT yang namanya biasa disingkat VBL itu dengan sambil bercanda.

Karena itu lembagan ini, lanjut Gubernur NTT diharapkan jadi satu kesatuan gerak bersama. “Apabila lembaga ini bagus kita akan serahkan BLK yang ada pada Pemerintak ke mereka. BLK Provinsi NTT itu dibagun sejak tahun 1.250 sebelum masehi. Karena BLK Provinsi NTT masih mengunkan peralatan yang lama. Bapak Presiden sudah bilang Open Zero, artinya SDM yang mempergunakan seluruh teknologi untuk menjawab seluruh masalah dan tantangan dalam kehidupan. Tapi yang ada di NTT banrang yang sudah tudak seharusnya dipakai lagi oleh orang lain sejak beberapa tahun yang kita masih tetap pakai untuk pelatihan disini. Ini adalah sebuah tantangan kita agar kedepan para PMI NTT bisa menjadi agen yang profesional,” jelasnya.

Sementara itu Direktur Utama (Dirut) BLK – LN Berhasil Langgeng Kencana NTT, Dewi Sri Hartati mengungkapkan, group perusahan ini sudah berkecimpung dalam pelatihan dan penepatan PMI sejak tahun 1995 yang lalu. Menurutnya, perusahan ini memiliki tekat dan semangat yang kuat dalam turut serta membantu Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat untuk mengatasi kemiskinan. Kurangi pengangguran, tingkatkan skil anak bangsa. “Dengan adanya investasi kami di Kota Kulang ini BLK – LN menunjukan kami sangat serius dalam mengarap bangsa pasar tenaga kerja NTT untuk di tunjukkan pada dunia Internasional bahwa anak NTT memiliki kemampuan dan kesanggupan yang sama rata,” papar Dewi.

Dia berharap hadirnya perusahan tersebut di Kota Kupang ini dapat dukungan penuh dari Pemerintah NTT. “Dukungak Pemerintah NTT itu ibaratkan seperti dukugan orang tua kami yang terus memandu dan mewarnai jalannya BLK – LN dikemudian hari. Semoga saja ada sinerji yang baik antara pemerintah bersama dengan kami BLK – LN swasta dapat memberikan nuansa positif dalam dunia pelatihan dan penempatan PMI hingga dapat dirasakan manfaat dan kebaikannya oleh anak – anak bangsa sampai ke pelosok – pelosok NTT,” jelas Dewi. (*hayer)