Gubernur NTT VBL Target Tiap Tahun Kirim 40 Ribu PMI Profesional Ke Luar Negeri


Foto : Gubernur NTT Viktor B. Laiskodat

ZONALINENEWS.COM – KUPANG, Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor B. Laiskodat (VBL) target kedepan setiap tahun NTT kirim 40 ribu Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang profesional ke Luar Negeri. Menurutnya, selama ini NTT hanya mampu kirim kurang lebih 2 ribu orang PMI ke Luar Negeri. “Kebutuhan akan tenaga kerja migran indonesia asal NTT itu sangat tinggi sekali. Namun, pemerintah belum memiliki peralatan pelatihan bagi PMI NTT dengan benar, “kata Gubernur NTT VBL dalam sambutannya pada acara peresmian dan pembukaan Kantor Cabang Balai Latihan Kerja Luar Negeri (BLK – LN) Berhasil Langgeng Kencana di Kota Kupang, Kamis 22 Agustus 2019, sekira pukul 15.30 wita.

Dia mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT segera bangun BLK milik Pemprov NTT yang bagus yang bisa mengisi seluruh kebutuhan – kebutuhan PMI Luar Negeri, baik itu pekerja rumah tangga, pekerja nelayan, perawat dan pekerja kebun. “Pelan – pelan kita kurangi pekerja kebun dan menuju pada pekerja nelayan serta pekerja perawat. Menurut saya ini akan membawa NTT akan lebih baik. Kenapa, kita bisa menarik mereka setelah mereka memiliki pengalaman selama 10 tahun, kita kembalikan mereka ke NTT dan kita bangun sebuah perusahaan agar mereka bisa membangun perikanan di NTT dengan baik. Ini mimpi – mimpi kita,” ungkap Gubernur VBL.

Dia menambahkan, sebagai Gubernur kehadiran BLK – LN Berhasil Langgeng Kencana di NTT ini memberikan semangat dan energi baru bagi Pemprov NTT dalam membangun sumber daya manusia (SDM) bagi  masyarakat NTT. “Saya minta perekrutan untuk para calon PMI bagi BLK – LN itu harus dari pedalaman – pedalaman desa jangan di Kota. Kepala dinas harus bekerjasama dengan kepala desa agar perekrutan itu di tempat yang paling sulit dijangkau walaupun dengan mengunakan mobil. Cari itu dan rekrut dari sana dan rekrut juga orang yang paling miskin,” pinta Gubernur VBL. (*hayer)