Inilah Hasil Usulan Program Desa Nanga Pu’un dalam Musrenbangdes tahun 2020


ZONALINRNEWS-BORONG,- Desa Nanga Pu’un Kembali menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa,(MUSRENBANGDES) tahun 2020 di Kantor Desa yang beralamat di Nanga Waru, Desa Nanga Puun, Kecamatan Elar Selatan, Kabupaten Manggarai Timur,(Matim), Flores-Nusa Tenggara Timur,(NTT).

Kegiatan yang dihadiri Camat Elar Selatan, Stephanus Lamar tersebut berlangsung pada Kamis,(29/8/2019)

Untuk diketahui, Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Desa Nanga Pu’un, Marselinus Raja.

Dalam sambutannya, Marselinus Raja mengatakan, Musrenbangdes kali ini tentu kami merasa bahagia lantaran kegiatan ini dihadiri Bapak Camat Elar Selatan.

“Ini merupakan kunjungan Perdana Camat Elar Selatan di Desa Nanga Pu’un”, kata Marselinus.

Ia berharap, dalam forum Musrenbangdes tahun 2020 yang kita laksanakan pada hari ini, semua elemen masyarakat bisa menyampaikan usulan guna pencapaian penyusunan RKPDES dan penetapan APBDES kedepan.

“Di usia Desa yang ke-9 tahun, kita masih membutuhkan banyak pengorbanan yang akan kita sumbangkan ke Desa ini, tidak terlepas dari dukungan Moril dan Spiritual yang akan membawah Perubahan Desa ke arah yang lebih baik”, ujarnya.

Dikatakan Marselinus, dalam tahapan tahun 2020, desa kita kemarin masuk dalam kategori Desa sangat tertinggal dan ini berdasarkan data Indeks Desa Membangun,(IDM),

“Dalam kondisi seperti itu, kita butuh banyak hal dan ide yang baik dalam membangun Desa ini”, imbuhnya.

Diakui Marselinus, saya menyadari banyak kekurangan ditengah proses kegiatan dalam proses membangun Desa ini.

“Mari kita bahu membahu, sedikit demi sedikit untuk bisa kita rencanakan bersama, kita bangun Desa ini bersama agar kedepan desa ini menjadi desa yang lebih baik”, ajaknya.

Sementara itu, Camat Elar Selatan, Stephanus Lamar dalam sambutannya mengatakan, hari ini saya datang sebagai Kunjungan Perdana di Desa Nanga Pu’un.

“Saya hadir sebagai camat dan merasa sangat penting dengan forum Musrenbangdes ini untuk kami kawal mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan hingga pada tahap evaluasi”, katanya.

Oleh karena itu, lanjut Stephanus, dalam froum ini tetap menjaga etika baik dalam penyampaian Usulan, saran maupun pendapat.

“Kita sama-sama jaga forum Musrenbangdes ini agar bisa menghasilkan hal-hal yang baik demi kemajuan Desa Nanga Puun”, tutupnya.

Inilah hasil Usulan Musrenbangdes tahun 2020 Desa Nanga Pu’un, diantaranya: Lanjutan pengerjaan Lapen, Lanjutan Pembangunan Telford, Rabat di Perkampungan, sarana dan prasarana Posyandu multifungsi, Isentif Tenaga Kesehatan sukarela, Pembangunan jamban sehat, pembangunan embung mini, pembangunan sarana dan prasarana olahraga, perehaban air minum bersih, pengadaan sarana dan prasarana SDN Nanga Waru, pembangunan Kapela Nanga Waru, pembukaan jalan baru Landonanga-Nanga Waru, pengadaan benih untuk kelompok tani, sarana produki untuk kelompok tani, pembangunan rumah adat dan hiasan adat, pembabgunan irigasi, pengadaan seragam PAUD, penguatan kapasitas menjahit, perehaban Polindes Desa Nanga Pu’un, pengadaan sertifikat tanah, pembangunan PLTS, kerja sama antar desa membangun Cross Way, bantuan benih sayur-sayuran, sekolah lapang dan pengendalian hama terpadu, pelebaran jalur jalan, rabat lokasi SDN Nanga Waru, pembangunan rumah layak huni, pelatihan penganyaman rombeng razong dan tikar.

Untuk diketahui, kegiatan ini diawali dengan acara penjemputan Rombongan Camat Elar Selatan oleh warga dan masyarakat Desa Nanga Pu’un depan halaman kantor Desa.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Elar Selatan, Kepala Puskesmas Runus, perwakilan warga dan masyarakat dari tiap Dusun Desa Nanga Pu’un. Kegiatan ini berlangsung aman dan lancar.(*Engkos Pahing)