JB3 Solusi Pakan Babi Penghilang Bau Kandang


Zonalinenews-TTS;- ” Keunggulan JB3 sebagai probiotik, fermentation dan penghilang bau kandang l, sebab JB3 kaya akan bakteri pengurai,” tutur Jhys Baok, inovator JB3 dan juga berbagai terobosan pupuk organik serta inovasi inovasi pertanian di kabupaten Timor Tengah Selatan, Sabtu 31 Agustus 2019.

Target Jhys Baok adalah kecamatan kuatnana dijadikan sebagai kecamatan penghasil pakan ternak yang diolah dari bahan bahan yang ada dan dimiliki masyarakat serta mudah didapat.

Pakan JB3 tidak kalah mutu dengan pakan pabrikan, karena memiliki protein yang tinggi serta memiliki daya cerna hewan 80% dan sisanya 20% akan dikeluarkan sebagai cirit. Sehingga JB3 mampu menaikan bobot berat babi dan akan memberikan keuntungan bagi masyarakat, ungkap Jhys.

Dimulai dengan ujicoba skala rumahan dirumahnya, dantelah diuji pada laboratorium di kupang, JB3 juga mengandung basilus sp. Sehingga kemudian Jhys melakukan pelatihan pelatihan kepada masyarakat khususnya di desa Supul, Desa Naukae dan desa Enoneontes kecamatan kuatnana. Dan daya tahan JB3 sampai satu tahun, asalkan tidak tercampur dengan bahan lain dan jarus tertutup kata Jhys.

Soleman Nesimnasi Ketua Kelompok Tani Faut Esu desa Supul Kecamatan Kuatnana ketika diwawancarai zonalinenews disela sela kegiatan mempromosikan dan menjual JB3 (Rp.4000/Kg) pada stand Kecamatan Kuatnana. Pada kegiatan Jambore Pariwisata NTT tahun 2019 dan Pameran Hasil hasil Pembangunan di kabupaten TTS menuturkan dirinya dan kelompoknya yang berjumlah 20 orang telah dilatih dan sudah mencoba memanfaatkan hasil olahan JB3 dan sangat membantu. Karena sebelum menggunakan JB3 dan ternak babi diberi pakan biasa, kandang selalu dicuci karena cirit babi banyak dan berbau. Namun setelah menggunakan pakan JB3, cirit babi sedikit dan kandang tidak berbau

Lanjut Soleman Nesimnasi, bila musim panas seperti saat ini, pihaknya menjual sayur kol.dan Daun kol tua, namun saat ini daun kol tua diolah dengan beberapa bahan seperti jagung dan batang pisang serta beberapa bahan campuran untuk dijadikan pakan JB3.

” kami adalah kelompok tani pertanian, namun ketika kami dilatih dan sudah bisa, kami berkeinginan kuat untuk juga jadi kelompok tani peternak babi serta bisa menjadi penghasil JB3 untuk masyarakat yang membutuhkan, urai Soleman Nesimnasi. (*Elli)