Kodim 1612 Manggarai Bersama DLH Bersihkan Sampah di Kilo Meter 5


Zonalinenews.com-Ruteng, -Masih banyak warga kota Ruteng dan sekitarnya yang membuang sampah di bekas Tempat Pembuangan Akhir (TPA) kilo meter 5, membuat tidak nyaman siapa saja yang melintas daerah tersebut.

Bau menyengat dan tumpukan sampah yang dibuang oknum tidak bertanggungjawab hampir menjadi pemandangan sehari-hari bila melalui bekas TPA yang merusak dalam wilayah kelurahan Karot, Kecamatan Langke Rembong ini.

Demi menjaga kebersihan dan kenyamanan bekas TPA sampah kilo meter 5 arah utara kota Ruteng tersebut, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Manggarai Propinsi NTT bekerja sama dengan Kodim 1612 Manggarai melaksanakan kerja bhakti yang melibatkan seluruh personil Kodim, personil koramil 1612-01 Ruteng dan petugas dari Dinas Lingkungan Hidup Manggarai, pada Rabu 7 Agustus 2019.

Dandim 1612 manggarai Letkol Inf. Rudi Markiano Simangunsong, S.Sos diselah-selah kegiatan kerja bakti mengatakan Kodim merupakan bagian dari masyarakat Manggarai, “semua elemen harusnya memiliki sikap yang sama terkait personal sampah, jadi bukan hanya tugas Dinas Lingkungan Hidup saja,” ujarnya.

Dandim Rudi mengajak seluruh lapisan masyarakat agar terpanggil dan peduli dengan masalah sampah , “Warga perlu sadar, membuang sampah bukan hanya merugikan orang lain tetapi juga lingkungan sekitarnya, yang kodim lakukan bukan hal yang luar biasa, tetapi bentuk kepedulian pada lingkungan,” tuturnya.

Menurut Dandim Rudi, yang menjadi persoalan kedepan apakah setelah dibersihkan sampah-sampah di kilo meter 5 ini, kesadaran warga untuk tidak membuang sampah di bekas TPA ini menjadi baik. ” Setelah pikir langkah awal harus ada penegakan hukum, untuk memberikan pelajaran bagi warga yang buang sampah sembarangan karena ada perdanya juga,” pungkasnya.

Pihaknya, kata Dandim Rudi akan selalu mensuport pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Manggarai, akan tetapi yang lainnya jangan berpangku tangan, ini tanggung jawab kita bersama.

Dia berharap agar semua pihak bekerja sama untuk menjaga kebersihan lingkungan terutama persoalan sampah.

Di tempat yang sama Pelaksana Tugas Kepala Dinas Lingkungan Hidup kab. Manggarai Drs. Silvester Hadir menjelaskan kegiatan yang dilakdanakan bekerja sama dengan pihak kodim 1612 dalam rangka menjaga keberlansungan kebersihan kota Ruteng.

Silvester juga menjelaskan, beberapa petugas dari dinas Lingkungan Hidup perna menjaga tempat ini, namun penjaga mereka tidak bisa menjaga selama 1×24 jam , pungkasnya.

Menurut Dia apabila sampah masih berserakan disini, yang merasa kurang nyaman bukan hanya masyarakat itu sendiri tetapi juga tamu-tamu yang sedang berkunjung dan menikmati keindahan kota Ruteng.

Turut serta dalam kegiatan tersebut Kasdim Mayor Chb.I wayan Subrata, Pasi Ops Kodim Kapten Inf. I putu Gede Wiramahardika, Pasi Log Kodim Kapten Inf. I putu Gunawan, Danramil 1612-01 Ruteng Kapten Inf.Sulaiman Baba, Pasiter Kodim Lettu Inf. Simon Halek serta Pasi Pers Kodim Arh.Lipris S. (Ars)( *Engkos Pahing)