Komunikasi Unismuh Makassar Siap Cetak Jurnalis dan Tenaga Kehumasan Profesional


ZONALINENEWS-MAKASSAR. Prodi S1 Ilmu Komuniksi Fisip Unismuh Makassar siap mencetak tenaga jurnalis profesional pada media cetak, online dan elektronik. Selain itu juga akan mampu mencetak tenaga kehumasan pada instansi pemerintah dan swasta secara profesional pula.

Demikian ditegaskan Ketua Prodi S1 Ilmu Komunikasi Fisip Unismuh Makassar, Dr. H. Muh Tahir, M.Si kepada di media diY kampusnya, Sabtu 10 Agustus 2019.

Dijelaskan, saat ini ada dua sumber daya dosen sebelumnya pernah mejadi wartawan pada media cetak. Kedua dosen itu, Sekretaris Prodi Komunikasi, Dian Muhtadiah, S.Sos, M.Ikom, cukup lama jadi wartawan di Harian Fajar Makassar.

Selain itu ada juga, Dr.Muhammad Yahya, M.Si, jejak rekam selaku wartawan sudah cukup lama di Harian Pedoman Rakyat Makasssar serta di beberapa media portal online, tegas doktor manajemen komunikasi PPs-UMI Makassar ini.

Saat ini ada juga dua dosen yang sedang merampungkan jenjang studi S3 Ilmu Komunikasi di PPs-Unhas yakni, Dra. Diana Rina, M.Si serta Syukri, S.Sos, M.Si di PPs-Universitas Padjajaran Bandung.

Salah seorang dosen prodi komunikasi Unismuh Makassar, Indah Elza Putri, S.Sos, M.I.Kom, kini sedang ikut program visiting scholars program di Universitas University Technology Kota Beijing sejak 1 Maret 2019, kata magister komunikasi PPs-Unhas ini.

Beberapa dosen lainnnya memiliki pengalaman sebagai tenaga kehumasan karena sebelumnya pernah jadi praktisi kehumasan pada instansi swasta di kota ini.

Pengalaman pada dosen itu yang sebelumnya menjadi praktisi media ditambah dengan dosen yang lain dengan penguasaan teori komunikasi yang kuat karena mereka lepasan magister komunikasi dari Universtas Gajah Mada Jokyakarta dan Unhas, kata birokrat pada Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat pada masanya ini.

Para dosen itu akan memberi pengetahuan dan keterampilan bagi mahasiswa komunikasi yang punya bakat menjadi jurnalis dan tenaga kehumasan.

Kelak di kemudian hari setelah merampungkan studi di kampus, kata Ketua Lembaga Pusat Layanan Pengembangan Karir dan Informasi Kerja (PLPKIK) Unismuh Makassar ini.

Bagi calon mahasiswa yang punya impian dan cia-cita ingin jadi jurnalis profesional yang multitasking serta tenaga kehumasan yang lincah, handal dan keatif maka melanjutkan studi ke S1 Komunikasi Unismuh Makassar, akan mampu merealisasikan impian dan cita-cita itu kata sarjana komunikasi Fisip Unhas ini. (*Nasrullah)