Massa Kepemimpinan Sunur & Langoday PAD Lembata 2020 Akan Capai 100 M


Zonalinenews-Lembata ,- Bupati Lembata Eliazer Yentji Sunur, ST, MT dan Wakil Bupati Lembata Thomas Ola Langoday, SE,M.Si ( Sunur-Langoday periode 2017 -2022) berupaya agar Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Lembata meningkat. Pendapatan Asli Daerah untuk Kabupaten Lembata akan naik secara signifikan sebesar 100 Milyar di tahun 2020, dari sebelumnya pada tahun 2011 PAD Kabupaten ini, sebesar Rp. 11 Milyar.

“Pada tahun 2011 PAD Kabupaten ini 11 Milyar saat kami berdua lanjutkan, PAD Kabupaten ini tahun 2018 meningkat menjadi 48 Milyar, di tahun 2019 meningkat ke 76 Milyar dan tentu mengalami kenaikan yang cukup signifikan 63 persen tahun 2020;” tutur Bupati Lembata Eliazer Yentji Sunur, ST, MT saat Pidato HUT RI Ke-74 di pelataran kantor Bupati Lembata, Sabtu 17 Agustus 2019.

Menurut Sunur, Hal ini tentu menunjukan bahwa Pemerintah terus bekerja untuk tingkatkan PAD bagi Kabupaten Lembata.

” Saya mengajak kepada seluruh stekholder agar terus mendukung upaya Pemerintah terus bekerja untuk membangun daerah ini. Semua pihak harus memberikan dukungan dalam bekerja bersama-sama untuk mengoptimalkan tiga sektor prioritas yang berpotensi meningkatkan Pendapatan daerah yakni Pertanian, Perikanan dan Pariwisata,” papar Sunur.

Dikatakan , perlu diakui bahwa Fiskal daerah ini yang rendah berdampak pada aktivitas Pembangunan yang sangat bergantung kepada pembiayaan dari APBN, sehingga Pemda Lembata mengambil kebijakan cermat melaui optimalisasi Pendapatan di segala sektor agar bisa menjawab seluruh kebutuhan masyarakat di Kabupaten Lembata ini.

Bupati Lembata juga menyampaikan gambaran segmentasi kerja di lingkup Pemda seperti Sektor Pariwisata berupa pengembangan kawasan (BCL) Bukit Cinta Lembata dengan perluasan area 500 Ha.

“Kalau bilang BCL orang sudah tau pasti ada di Lembata tidak ada di tempat lain, F3G menjadi Even tahunan di Kabupaten Lembata, “tutur Bupati Sunur.

Di sektor Pertanian dan sektor Perikanan, sektor PUPR dan Perhubungan melalui peningkatan Infrastruktur prioritas pada daerah yang Potensial punya kontribusi pada PAD termasuk perbaikan Infrastruktur dari Nagawutung (Loang) menuju Kecamatan Wulandoni (Lamalera) di tahun 2020.

Sektor pedesaan menurut Sunur, Pemkab Lembata juga mendorong UKM serta peningkatan produksi garam di desa Tapobaran, Kecamatan Lebatukan.

Bupati Lembata Eliazer Yentji Sunur, ST,MT juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Lembata untuk bersatu padu mengejar ketertinggalan yang ada di daerah ini.

“Mari berhenti untuk saling menghujat serta menyalahkan, sangat lelah kita bicarakan akhirnya kita lupa membangun Kabupaten ini, kita harus fokus pada tujuan utama saat lahirnya Lembata sejak 7 Maret 1954,” pinta Bupati Lembata. (*Rita Senak)