Pemkot Kupang Gelar Lomba Masak Serba Ikan Bagi Tim Penggerak PKK


Foto Asisten I Setda Kota Kupang Yos Rera Beka Saat Praktek Masak Pada Kegiatan Lomba Masak ikan

ZONALINENEWS.COM – KUPANG, Pemerintah Kota (Pemkot Kupang melalui Dinas Perikanan Kota Kupang gelar lomba masak serba ikan, Selasa 6 Agustus 2019 di Aula Rumah Jabatan (Rujab) Wali Kota Kupang. kegiatan tersebut diikuti oleh sebanyak 40 orang peserta dari tim penggerak PKK yang diutus dari enam Kecamatan yang ada di Kota Kupang.

Asisten I Setda Kota Kupang Yos Rera Beka dalam sembutannya sekaligus mewakili Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore membuka acara tersebut mengatakan, kegiatan lomba masak serba ikan ini merupakan tindak lanjut dari program nasional, gerakan memasyrakatkan masak ikan . oleh karena itu Pemkot Kupang sangat berterimakasih karena kegiatan ini memberikan pemahaman dan tujuan kepada kita bagaimana pentingnya menu ikan.

Menurutnya, menu ikan tersebut adalah menu yang sederhana dan mudah dicari bahkan tidak memiliki dampak negatif pada kesehatan. “Ketika kita berpikir tentang menu danging itu dampaknya masih ada, tapi ikan tidak ada dampaknya. Menu ikan ini sederhana namun gisinya sangat tinggi,” kata Yos.

Dia mengatakan, kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kehidupan masyarakat Kota Kupang sehat sehingga suatu saat nanti bisa menghasilkan manusia – manusia yang berkualitas.

“Untuk itu kegiatan ini sangat penting sekali bagi pemerintah dan masyarakat yang berkaitan dengan memasyarakatkan masak ikan ini sebagai kehidupan sehari – hari. Di NTT ikan adalah menu utama karena kita NTT ikan sangat murah dibandingkan dengan danging,” ungkap Yos.

Sesuai ilmu kesehatan, lanjut Yos manusia diatas umur 50 harus lebih banyak mengkonsumsi ikan dari pada daging. “Kita yang umur sudah diatas 50 ini harus hati – hati dengan mengkonsumsi menu daging. Karena dampak dari sering mengkonsumsi daging pada umur 50 keatas itu sangat rawan bagi kesehatan kita. Maka itu kita harus perbanyak mengonsumsi ikan saja lebih baik,” ujarnya.

Sementara itu Kelapa Dinas Perikanan Kota Kupang Orson Nawa mengungkapkan, tujuan kegiatan lomban tersebut untuk miningkatkan pengetahuan dan keterampilan masak menu ikan keluarga berbahan baku ikan , memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat luas, menyebarluaskan informasi tentang ikan, olahan masakan berbahan baku ikan, kandungan gizi serta manfaat gizi ikan bagi kesehatan dan kecerdasan, mendukung pemanfaatan sumberdaya ikan yang berkedaulatan dan berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat dan miningkatkan konsumsi ikan masyarakat terhadap ikan – ikan lokal.

Menurutnya, selain itu juga bagi perserta lomba juga yang menang akan ikut lomba masak serba ikan di tingkat Provinsi. “jadi perserta yang juara ini nanti akan lanjut lomba di tyingkat Provinsi. Apabila kita peserta dari Kota Kupang ini bisa menang di tingklat Provinsi maka tim kita akan masuk pada lomba ditingkat Nasional,” Jelasnya. (*hayer)