PNS Salah Tingkah Lihat Walikota Kupang Bersihkan Sampah di Bawah Jembatan


Zonalinenews- Kupang, – Pagi itu, Jumat 9 Agustus 2019 pukul 06.30 wita, Wali Kota Kupang , Jefri Riwu Kore beserta Istri, Hilda Manafe terlihat bersama Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Pemerintah Kota Kupang yaitu Marten Lusi ( Perindag) serta Pegawai Dinas Sosial, Kornelis Ndun, Nina Aminta, Cristian Taklal, Ariance Mone serta Blasius dan seorang Mahasiswa KKN Undana Kupang, Kladius Pitang memunggut sampah (kantong plastik, Pempers batol air mineral dan lainnya). Kegiatan ini dilakukan di bawah jembatan Oebufu dekat pabrik tahu Kecamatan Oebobo Kota Kupang NTT.

Melihat Wali Kota Kupang sedang memunggut sampah di bawah jembatan, para pegawai yang mulai berdatangan salah tingkah. Pasalnya aktifitas pembersihan sesuai dengan jadwal yang ditentukan yaitu dari pukul 06.00 Wita.

Setelah melakukan aksi bersih pukul 6.50 wita, Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore beranjak dari lokasi tersebut untuk meninjau beberapa titik lokasi kegiatan pembersihan.

Kepada Zonalinenews Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore pada kesempatan itu menjelaskan, aksi pembersihan hari ini dilakukan secara serentak di Kota Kupang.

” Saat ini fokus pembersihan di bantaran Kali di Kota Kupang lihat kondisi kali ini sangat memprihantikan karena masyarakat tidak bertanggungjawab buang sampah sembarangan di kali,” jelas Jefri Riwu Kore.

Untuk itu, Pemerintah Kota Kupang kata Walikota sedang berpikir dan berusaha mengatasi pesoalan sampah yang menumpuk di kali ( sungai kecil ).

” kita akan pengadaan Exavator membantu dinas kebersihan untuk mengaruk sampah yang sudah lama menumpuk di kali ini,” beber Jefri.

Ketika ditanya wartawan terkait ketidakhadiran dan keterlambatan pegawai di aksi pembersihan ini, Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore menegaskan ini ada absennya.

” kalau tidak datang kan ada absennya serta evaluasi kinerja dan poin. Kalau kegiatan ini 5 poin dan bila tidak memenuhi poin, akan diberi sanksi ,” tegas Jefri Riwu Kore.

Sebelumnya Pemerintah Kota Kupang Bagian Humas, Kamis 8 Agustus 2019 sore, lewat salah satu staf Humas menghubungi Zonalinenews menyampaikan untuk meliput kegiatan pembersihan lingkup pemerintah Kota dengan lokasi pembersihan di GOR.

“Selamat sore, mohon kesediaan Media Zonalinenews dan Lensa NTT. com untuk meliput kegiatan aksi bersih-bersih serentak Pemkot Kupang. ” ayo bersihkan Kupang pada Jumat, 9 Agustus 2019 mulai jam 06.00 WITA di GOR Oepoi. Terimakasih atas kesediannya , ” bunyai penyampaian baik via Wa dan telpon.

Ironisnya Jumat 9 Agustus 2019 pukul 05.50 wita setelah Zonalinenews tiba di GOR Kupang serta berkeliling seputar GOR Kupang, tidak terlihat para pegawai Kota melakukan aksi bersih sesuai jadwal yang disampaikan.

Pada pukul 06.11 wita zonalinenenews menelpon pegawai humas Kota yang mengirimkan jadwal kegiatan dan menyampaikan bahwa tidak ada aktifitas pembersihan di Gor dan sekitarnya oleh Pegawai Pemkot. Oleh staf Humas tersebut menyampaikan bahwa dirinya akan mengecak ulang lokasi kegiatan pembersihan.

15 menit kemudian staf Humas Pemkot Kupang menelpon Zonalinenews dan menyampaikan bahwa kegiatan pembersihan lokasinya di Jembatan Oebufu dekat pabrik Tahu.

Pantauan Zonalinenews setelah Walikota Kupang dan istri meninggalkan lokasi pembersihan dibawah jembatan Oebufu pada pakul 07.05 wita, terlihat para pegawai Kota mulai berdatangan dan melakukan aksi bersih di lokasi itu, sehingga kondisi bawah jembatan sebelumnya dipenuhi sampah akhirnya dibersihkan para pegawai Kota dibantu Mahasiswa KKN undana Anggota Polisi dan TNI. Aksi pembersihan usai pada pukul 08.14 wita. (*tim)