Ratusan Anak Non Muslim Ikut Khitanan Masal Di Klinik Aisyiyah Kupang


Foto Kegiatan Khitanan Masal Di Klinik Aisyiyah Kupang

ZONALINENEWS.COM – KUPANG, Sebanyak 200 lebih anak non muslim di Kota Kupang ikut Khitanan masal yang digelar oleh Yayasan Al Furqon Magelang bekerja sama dengan Pimpinan Wilayah (PW) Aisyiyah Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Senin 12 Agustus 2019 di Klinik Aisyiyah Kupang.

Ketua Pelaksana Kegiatan Khitanan Masal, PW Aisyiyah NTT, Dra. HJ. Ning Murtiningsih mengungkapkan, kegiatan khitanan masal tersebut diikuti sebanyak 450 orang anak dari berbagai umur. Menurutnya, 50 persen anak peserta khitanan masal saat ini juga berasal dari non muslim. “Untuk peserta khitanan masal saat ini di Kota Kupang ada sekitar 450 peserta. Namun, tidak menutupi kemungkinan peserta khitanan ini bisa bertambah lagi. Kerena animo masyarakat terhadap khitanan masal ini begitu baik. Sehingga bayank masyarakat masih mendaftarkan diri untuk bisa mengikuti khitanan,” kata HJ. Ning Murtiningsih.

Dia mengatakan, peserta yang ikut khitanan masal saat ini bukan hanya anak – anak, namun  ada beberapa diantara peserta tersebut adalah orang tua. "Jadi peserta kita dari usia anak – anak dari 1,5 tahun sampai orang tua yang sudah berusia 54 tahun,” ungkap HJ. Ning Murtinigsih.

Di NTT saat ini, lanjut dia banyak masyarakat yang belum khitanan dikarenakan minim, “pengetahuan dampak baik untuk kesehatan dari khitanan tersebut.” Untuk NTT ditargetkan sebanyak 5000 orang dari daratan timor, flores, lembata dan alor, “kata HJ. Ning Murtiningsih.

Dia menjelaskan, tujuan kegiatan khitanan masal tersebut untuk menyehatkan masyarakat karena sasaran kegitan khitanan ini bukan hanya untuk orang muslim, tapi untuk non muslim juga. “Di Kabupaten Malaka itu 90 persen peserta khitanan berasal dari agama katolik," papanya. (*hayer)