Sanggar Budaya Manggarai Hadir di Kota Metropolitan Makassar


ZONALINENEWS-MAKASSAR. Mahasiswa asal Manggarai Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang menuntut ilmu di kampus negeri dan swasta di Kota Metropolitan Makassar membentuk Sanggar Budaya Manggarai.

Pembentukan sanggar itu melestarikan dan memperkenalkan budaya orang Manggarai kepada warga masyarakat di Kota Makassar.

Demikian ditegaskan Tokoh Masyarakat Manggarai di Kota Metropolitan Makassar, Dr. Arda Senaman, M.Si kepada media di Makassar, Sabtu 24 Agustus 2019.

Dijelasakan, Sanggar Budaya Manggarai ini sudah sering tampil pada pementasan di beberapa tempat termasuk di kampus-kampus tempat para mahasiswa melanjutkan jenjang pendidikan tinggi.

Budaya Manggarai yang sering di pentaskan termasuk Tarian Caci di Kampus STIE dan STKIP YPUP Makassar, STIE dan STKIP Yaspi Makassar da beberapa kampus lainnya.

Selain itu pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74 di Kota Sungguminasa Gowa, kembali Tarian Caci di pertunjukkan serta tarian panen padi dan tanam padi, kata pria kelahiran Manggarai 31 Desember 1967 ini.

Saat ini orang Manggarai yang tinggal menetap di Makassar sekitar 7.017 orang tinggal menetap di Kota Makassar dan Kabupaten Gowa. Dari jumlah itu sekitar 5.000 orang adalah mahasiswa.

Para mahasiswa itu kuliah terbanyak di kampus STIE dan STKIP Yaspi Makassar, STIE dan STKIP YPUP Makassar, Universitas Mega Rezky Makassar, Universitas Atmajaya.

Selain itu ada juga yang kuliah di UIN Alauddin Makassar serta di Universitas Muhammadiyah Makassar.

Tarian caci dan tarian lainnya itu secara rutin dipebtaskan pada pembukan Turnamen Sepak Bola Komodo Cup di Lapangan TNI Armed Makassar. (*Yahya)