21-22 September di Gelar Lomba Gateball Tingkat Nasional di Kupang


Pinitia Lomba Gateball Propinsi NTT pose bersama

Zonalinenews-Kupang,- 19 Club dari berbagai Propinsi di Indonesia telah mendaftarkan diri dan akan mengikuti lomba Gateball yang diselanggarakan di Kupang, Sabtu -Minggu. 21-22 September 2019 di Alun-alun rumah Jabatan Gubernur NTT.

” Lomba Gateball tingkat Nasional ini memperebutkan piala Walikota Kupang Cup I.,” demikian diungkapkan Ketua Panitia Kegiatan , Vecky Boling, STTP, MSi , Selasa 17 September 2019 pukul 13.00 WITA di Alun-alun rumah jabatan Gubernur NTT.

Menurutnya, hingga saat ini, persiapan lapang pertandingan hampir finish. Lapangan yang dipersiapkan untuk arena lomba sebanyak.4 lapangan dan satu lapangan cadangan.

” Lokasi lomba semuanya berada di alun-alun rumah jabatan Gubernur NTT. Acara Pembukaan direncanakan dibuka oleh Walikota Kupang pada Sabtu, 21 September 2019 pukul 09.00 WITA,” ucap Vecky.

Lanjutnya vecky , kegiatan ini merupakan turnamen nasional yang pertama kali digelar di Kupang dan merupakan ajang menuju Kerjurnas ke-4 yang akan dilaksanakan di propinsi Sumatra Utara.

” Sebagai panitia pihaknya meras bangga walaupun dengan keterbatasan even nasional gateball bisa diselengarakan di Kupang NTT. Hal ini bagi kami sebagai ajang untuk mempromosikan olahraga gateball kepada masyarakat NTT,” ungkap Vecky.

Atlet Gateball NTT, Maria Anarato pada kesempatan itu merasa bangga kegiatan lomba gateball nasional bisa dilakasanakn di Kupang.

” kami akan berupaya untuk mengsukseskan turnamen barskala nasional di NTT,” tuturnya.

GATEBALL bisa disebut sebagai olahraga yang memodifikasi permainan croquet (permainan bola kayu). Memainkannya dengan menggunakan alat seperti palu untuk memukul dan memasukan bola ke gawang. Ada lagi olahraga yang mirip-mirip croquet yaitu gateball. Pria asal Jepang, Eiji Suzuki adalah pencetus olahraga ini pada tahun 1947. Gateball menonjolkan aksi dalam akurasi pukulan dan strategi tim ini kian menyebar ke seluruh dunia.

Olahraga gateball terdiri dari dua tim yaitu tim bola merah dan tim bola putih. Masing-masing tim terdiri dari lima pemain. Tim merah memegang bola ganjil (1,3,5,7,9) sedangkan tim putih memegang bola genap (2,4,6,8,10). Gateball dimainkan di lapangan persegi panjang berukuran 15 x 20 meter..(*tim)