40 Anggota DPRD Kota Kupang Periode 2019 – 2024 Ikut Pembekalan


Foto : 40 Anggota DPRD Kota Kupang Ikut Orentasi Pembekalan di Hotel Aston Kupang

0

ZONALINENEWS.COM – KUPANG, Sebanyak 40 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kupang periode 2019 – 2024 ikut orientasi atau pembekalan tugas yang didelar oleh Badan Sumber Daya Manusia (SDM) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa 17 September 2019 di Hotel Aston Kupang.

Hadir dalam Acara tersebut Gubernur NTT yang diwakili oleh Sekda Provinsi NTT, Kepala Badan SDM Provinsi NTT, Wakil Wali Kota Kupang Hermabus Man, Sekertaris  DPRD Kota Kupang Adrianus Lusi dan Pimpinan serta Anggota DPRD Kota Kupang.

Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man dalam sambutannya pada kegiatan tersebut mengungkapkan, kegiatan orientasi atau pembekalan tugas bagi Anggota DPRD Kota Kupang ini merupakan proses pengayaan untuk seluruh Anggota Dewan yang lama maupun baru. Menurut dia Anggota Dewan sebagai organ politik yang memiliki dua fungsi utama, yaitu sebagai repertanse rakyat melalui bamtek dan sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah. “Makanya di Dewan itu ada Fraksi dan Komisi, bahkan ada badan – badan perangkat untuk penyelengaran pemerintah yang butuhkan kader – kader partai,” kata Hermanus Man.

Dia mengatakan, pembekalan tugas bagi seluruh anggota Dewan ini juga bagai mana sebagai lembaga sain yang saling bekerjasama  , melengkapi dan menyempurnakan seluruh regulasi dan Undang – Undang yang ada dalam pemerintah daerah. “Antara pemerintah dan dewan itu tidak ada beda. Kalau bapa ibu dewan punya taratertib, maka pemerintah juga punya peraturan – peraturan pelaksana,” ungkap Hermanus Man.

Pada prinsipnya antar pemerintah dan dewan itu, lanjut dia tidak berbeda jauh hanya mungkin penyerapan saja karena yang satu berlaku untuk keluarga internal dewan dalam tata tertib urus rumah tangga, sedangkan yang satu pemerintah berlaku untuk mengurus pelaksanaan penyelengara ekonomi daerah. “Tetapi payung hukumnya kita sebagawai warga Negara Keaatuan Republik Indonesia (NKRI) sama,” jelas Hermanus.

Dia menilai, bagi Anggota DPDR Kota Kupang yang lama kegiatan orientasi atau pembekalan ini bukan suatu hal yang baru. “Kegiatan ini juga untuk proses memperkaya pengetahuan sebagai dewan. Yang pastiya kedepan itu antara dewan dan pemerintah itu ada benturan – benturan. Tapi yang kita inginka  benturan itu yang enak – enak saja. Berturan itu selalu ada karena kepentingan kita berbesa. Tetapi dalam empat hari kedepan ini mari kita menyatukan hirarki, harmonisasi dan singkronisasi seluruh perbedaan. Sebab, Undang – Undang kita jelas. Payung hukum kita sama, maka itu dengan harapan akuntabilitas dan traparansi,” kata Hermanus Man.

Saat ini kita memasuki era dimana, tambah dia ditahun yang ketiga masa kepemimpinan dia bersama Wali Kota Kupang ini adalah tahun kita mengajak untuk berubah. “Perubahan ini bukan hanya maunya internal Pemerintah Kota (Pemkot) saja. Tapi tren untuk perubahan demi kebutuhan masyarakat. Karena masih begitu banyak kebutuhan masyarakat kota kupang yang belum kita penuhi,” papar Hermanus Man. (*hayer)