Api di Lereng Ilemandiri Flotim Masih Sulit Dipadamkan, Penanganan Berlanjut


Zonalinenews.Com, Larantuka, -Usaha keras Pemkab Flores Timur memadamkan api di lereng gunung Ilemandiri, belum berhasil.

Usaha pemadaman yang dilakukan sejak pukul 10.00 hari ini, Selasa 17 September 2019 oleh tim gabungan baik dari petugas Penanggulangan Bencana Daerah, Polri, TNI, Pol PP dibantu para ASN usai Bupati Flotim Antonius Hadjon mengeluarkan instrukstri pemadaman serentak.

Kendati demikian, sampai dengan pukul 17.00 hari ini, kepulauan asap masih terlihat secara jelas di dua titik lokasi kebakaran.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah Flores Timur, Paulus Igo Geroda mengakui upaya pemadaman yang dilakukan hari ini berhasil memadamkan secara menyeluruh dikarenakan beratnya medan menuju titik api.

“Pemadaman dilakukan sejak kemarin. Hari inipun demikian. Benar masih ada sekitar dua titik api itu karena sulitnya medanĀ  menuju ke sana. Titik apinya berada di lereng yang curam. Pemadaman masih terus kita lanjutkan” sebut Geroda yang juga Sekda Flotim kepada Zonalinenews via seluler Selasa, 17 September 2019.

Masih terlihatnya api, menimbulkan keresahan dan kekuatiran warga kota Larantuka.

“Masih ada asap. Apinya belum sesungguhnya padam. Apalagi musim panasa dan angin kencang siang hari berpotensiĀ  meluas dan itu sangat membahayakan. Yang dilakukan putuskan mata rantai titik api” ujar mantan Sekda Flotim Tonce Matutina warga kelurahan Lohayong.

Ia juga meminta, polisiĀ  secepatnya menangkap dan memproses pelaku pembakaran. (*tim)