Berkarya, Hanura Tetap Bersatu Untuk Satu Fraksi di DPRD Kota Kupang


Foto : Bendera Partai Berkarya

ZONALINENEWS.COM – KUPANG, Pasca polemik pernyataan sikap mundurnya Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Berkarya dalam satu kualisi Fraksi dengan Partai Hanura di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kupang beberapa waktu lalu sempat membuat panik seluruh partai pengurus Hanura dari tingkat Kota Kupang hingga Provinsi NTT.

Isu Partai Hanura yang memiliki tiga anggota Dewan di DPRD Kota Kupang yang bakal ngambang karena tidak memiliki Fraksi tersebut kini dibantahkan oleh Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Berkarya Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Antonius Kaunang Tang meyatakan Partai Berkarya yang memiliki satu Anggota Dewan di DPRD Kota Kupang itu tetap berkualisi dengan Partai Hanura untuk bentuk satu Fraksi di DPRD Kota Kupang

Menurutnya, polemik kualisi Fraksi tersebut sempat memanas karena perbedaaan pemahaman. Namun, melalui komunikasi yang baik antara kedua pimpinan Partai Politik (Parpol) di tingkap Provinsi NTT polemik tersebut bisa mencair dan mendapat titik terang persoalan kualisi Fraksi antara Partai Berkarya dan Partai Hanura.

“Kami Partai Berkarya sudah memiliki Surat Keputusan (SK) yang menyatakan bahwa Partai Berkarya Tetap bergabung dengan Partai Hanura untuk kualisi membangun satu Fraksi di DPRD Kota Kupang, Kata Kaunang kepada wartawan di Kota Kupang, Selasa 17 September 2019.

Menurut dia, SK dimiliki Partai Berkarya tersebut yang diterbitkan ini bersifat untuk intern Partai Berkarya untuk mendukung Partai Hanuru dalam membentuk satu Fraksi.

“Untuk PPP dan PSI yang ingin bentuk poros baru mereka itu terserah hak mereka. Tapi kami tetap satu Fraksi dengan Hanura,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, memang benar beberapa waktu lalu PPP dan PSI ingin bergabung dengan Berkarya untuk membentuk poros fraksi baru. Namun, DPW Partai Berkarya telah mengeluarkan SK yang mendukung Partai Hanura untuk membuat satu Fraksi.

“Kita tetap dengan Hanura,” jelas Kaunang.

Dia menambahkan, sebelumnya pada tanggal 9 September 2019, DPW Partai Berkarya telah mengeluarkan SK dukungan kepada Partai Hanura untuk bergabung bersama Partai Hanura. Namun pada tanggal 11 September 2019, ketua DPW Partai Berkarya provinsi NTT mengaku telah menerima surat tembusan dari pengurus Partai Berkarya Kota Kupang yang menyatakan bahwa Partai Berkarya telah menarik dukungan ke Partai Hanura untuk membuat fraksi yang cocok untuk Sekertaris DPRD Kota Kupang.

Namun menurut Kaunang, sampai saat ini sebagai ketua DPW Partai Berkarya NTT belum menerima surat tersebut(*hayer)