Bupati Anton Tentang Festival: Mari Muliakan Apa Yang Kita Miliki


Zonalinenews.Com, Larantuka-Festival Lamaholot 2019 yang berlangsung di Adonara dengan nama Festival Nusa Tadon I tentunya tidak sekedar menampilkan berbagai karya seni serta budaya sebagai hiburan. Melainkan menumbuhkan perasaan memiliki serta cinta terhadap karya leluhur sebagai warisan  identitas suatu daerah. 

Spirit ini pula melahirkan filosofi sederhana “Mari Muliakan Apa Yang Kita Miliki, ” ujar Bupati Flores Timur Antonius Hubertus Gege Hadjon ketika memberikan sambutan pada pementasan Festival di Kiwang Ona Adonara Timur Sabtu, 14 September 2019.

Ia juga mengatakan Manusia yang kehilangan akarnya tidak akan memiliki jalan yang bagus menuju masa depannya.

Untuk itu masyarakat Lamaholot perlu merawat dan menjaga nilai-nilai budaya sehingga tidak terkikis dan lekang oleh waktu.

Festival Lamaholot 2019 sendiri bertujuan membangkitkan kembali perasaan bangga dari masyarakat terhadap apa yang mereka miliki baik budaya dan seni dengan mengembalikan melalui festival.

Selain itu, dengan hadirnya Festival memberi berbagai dampak baik ekonomi dan sosial.

“Di sana ada keramaian. Kan tidak saja ada tarian dan budaya, pasti ada stand-stand memamer dan menjual berbagai kebutuhan. Tentu terjadi pertemuan penjual dan pembeli. Otomatis ada perputaran uang,” jelas Hadjon.

Bupati pencetus penggunaan Tenunan adat Lamaholot pada  setiap ASN di Flotim berharap semua masyarakat Flores Timur berpatisipasi aktif dalam Festival sehingga mampu membangkitkan rasa cinta terhadap berbagai keragaman dan seni budaya sebagai warisan leluhur Lamaholot
(*Kerja Sama Humas Setda Flotim dan Zonalinenews.Com)