Dirjen Kementrian PDT: Dana Desa Bisa Digunakan Pengembangan Festival Di Daerah


Zonalinenews.Com, Larantuka, Dirjen Percepatan Daerah Tertinggal (PDT) Kementrian Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Samsul Widodo menegaskan Daerah bisa menggunakan Dana Desa dalam mengembangkan Festival di daerahnya.

“Sukseskan Kegiatan Festival, kami minta juga dari seluruh desa menganggarkan sedikit dari dana yang ada seperti pengadaan pakaian adat serta alat kesenian” ujarnya kepada media Sabtu 31 Agustus 2019 saat Festival Tiga Gunung di Lembata.

Di tahun, 2020 Presiden Jokowi berjanji selama 5 tahun kepemimpinan mengucurkan dana 400 triliuan dana desa. Sehingga setiap desa mengalami kenaikan cukup signifkan.

“Sehingga ada kenaikan yang cukup signifikan, dari masing-masing desa acara-acara seperti ini semakin meriah, seperti  merawat budaya dan untuk hidupkan perekonomian masyarakat” tambahnya.

Ia melanjutkan, kami sebagai tim 
Kementrian pusat juga menegaskan untuk tingkatkan terus Pariwisata karena  kegiatan ekonomi akan hidup, ada kegiatan atau even pasti ada  para pengunjung dan kerumunan,
muncul pedagang  orang berjualan dan lain-lain sehingga menggerakan aktivitas ekonomi.

“Boleh saya katakan  Pariwisata nenjadi prioritas unggulan NTT jadi kami sangat  berharap Propinsi Ntt ini harus di atur Festivalnya” harap Widodo

Menanggapi pernyataan Widodo, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Flores Timur Apolonia Corebima mengatakan pihaknya  telah memulai hal tersebut pada Festival Nubun Tawa.
“Kemarin saat Festival Nubun Tawa isu itu sudah mulai ditiupkan. Dana Desa bisa digunakan untuk pengembangan seni dan budaya serta pengembangan destinasi pariwisata lainnya” ungkap Corebima

Pada Festival Lamaholot 2019 sebanyak 7 Desa di Kecamatan Lewoema telah menganggarkan dana desa mendukung Festival dengan menghidupkan kembali sanggar seni yang telah lama vakum.
(*Kerja Sama Humas Setda Flotim dan Zonalinenews.Com)