Festival Lamaholot, Reinkarnasi Budaya dan Karakteristik Orang Flores Timur


Zonalinenews.Com, Larantuka-Manusia dan Kebudayaan merupakan satu-kesatuan yang tak bisa dipisahkan. Dimana kebudayaan lahir dari lingkungan komunitas masyarakat sosial berupa kebiasaan, norma serta pranata sosial. 

Keadaan tersebut pada setiap daerah tentu saja berlangsung secara terus-menerus dan dalam rentang waktu yang lama, sehingga melahirkan apa yang dikenal dengan Kebudayaan.

Seiring berjalannya zaman dengan berbagai kemajuan teknologi, ikut mengerus identitas maupun karakteristik masyarakat beserta kebudayaanya. 

Hal ini pula mendasari diselenggarakannya Festival Lamaholot dengan menyajikan berbagai kekayaan Seni dan Budaya sebagai karakteristik  orang Flores Timur.

Festival Lamaholot yang dikemas apik, direncanakan berlangsung dari tanggal 11 hingga 15 September 2019 di dua tempat berbeda Bantala  Flores Timur daratan dan Kiwang Ona, Karing Lamalouk serta Pantai Ina Burak di Nusa Tadon Andonara.

“Di Bantala menonjolkan seni Lado dan Umbaja mengangkat kisah persaudaraan, persahabatan dan sikap ksatria. Pementasan ragam tarian Soleh Oha dan Hedung juga berbagai atraksi lainnya menjadi hal yang ditilonjolkan Masyarakat Adonara’ Jelas Kadis Pariwisata Aplonia Korebima.

“Dengan dihidupkan kembali berbagai ragam Budaya Lamaholot yang terlupakn diharapkan mampu menjadikan Flores Timur sebagai salah satu destinasi wisata” Tambahnya mengakhiri. (*tim)