Harga Avtur Naik, Wings Air Terhenti Layani Penerbangan Kupang-Rote


Station Manager Wings Air Rote, Ezra Modjo

ZonalineNews.Com-Ba’a,- Avtur (Aviation Turbine) merupakan salah satu jenis bahan bakar penerbangan yang dirancang untuk digunakan pada pesawat terbang, sehingga Kenaikan Harga Avtur yang terjadi beberapa minggu terakhir ini berdampak pada pemberhentian rute penerbangan Kupang-Rote.

Hal tersebut diungkapkan oleh Station Manager Wings Air Rote, Ezra Modjo kepada wartawan di ruang kerjanya,Senin 30 September 2019, pukul 08. 51 WITA.

Modjo menjelaskan, terdapat 7 bandara di NTT yang diberhentikan pengoperasian penerbangannya termasuk Rote Ndao dikarenakan dampak dari kenaikan harga Avtur dari DPPU Eltari hampir menyentuh 10.000 Rupiah yaitu 9.970 Rupiah.

Diakui Manager Wings Air Rote bahwa menyangkut penumpang tujuan Rote-Kupang selalu full karena selalu diatas dari 50% untuk presentasinya, namun karena dampak dari kenaikan harga Avtur tersebut maka secara hitungan ekonomis pihaknya masih merugi.

“Terkait dengan presentasi jumlah penumpang dari Rote ke Kupang dan Kupang ke Rote selalu full, namun hanya berdampak dari kenaikan harga Avtur, jadi secara hitungan dari manajemen perusahaan bahwa walaupun penumpang full tapi belum bisa menutupi biaya operasional,”ungkapnya.

Dikatakan Ezra Modjo, penumpang Rote-Kupang selalu full diatas 50 penumpang dari jumlah Seat 72 penumpang dan terkait dengan nasib karyawan yang ada di Rote dari pihak manajemen sudah memutuskan bahwa semuanya akan dimutasikan ke Kupang,sedangkan terkait dengan kontrak dengan pihak Bandara D.C Saudale Rote, Manager Wings Air Rote Ezra Modjo mengatakan bahwa bukan diberhentikan total, akan tetapi pihaknya masih menunggu penyesuaian harga maka akan beroperasi kembali karena pihaknya tetap melayani Masyarakat Rote dan mendukung perkembangan di daerah terselatan tersebut.

Ia.menambahkan, pihaknya hanya berpatokan pada penyesuain harga dari DPPU Bandara Eltari Kupang terkait dengan harga Avtur yang sama dengan Bandara Soekarno-Hata dan jikalau sudah ada penyesuain harga maka pihaknya akan siap beroperasi kembali.(*Tony)