Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere Gelar Pelatihan Di Flotim


Zonalinenews.Com, Larantuka-Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Kantor Pencarian Kelas B Maumere menggelar pelatihan Potensi SAR Pertolongan di Permukaan Air (Water Rescue) Senin, 23 Setember 2019 di Kelurahan Weri-Kecamatan Larantuka-Flores Timur.

Kegiatan tersebut dijadwalkan  berlangsung selama 6 hari 23-28 September dengan diikuti sebanyak 30 peserta relawan.

Direktur Bina Potensi Basarnas  Marsekal. TNI Indra Jaya, SE.MM dalam sambutannya mengatakan digelarnya pelatihan tersebut sesuai amanat regulasi pemerintah.

“Sesuai dengan Undang-undang No. 29 Tahun 2014 Tentang Pencarian dan Pertolongan Peraturan Pemerintah yaitu pelatihan teknis khusus bagi peserta yang ada di Flores Timur” Sebut Marsekal Indra.

Pelatihan tersebut bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang pentingnya pemberian pertolongan. 

“Organisasi latihan teknik ini perlu digelar dan dilaksanakan agar kita benar-benar mampu menjalankan peraturan No. 5 tahun 2018 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelaksanaan Teknis dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan tentang pentingnya pertolongan” jelasnya menambahkan.

Ia juga mengatakan, sesuai dengan perda No 4 tahun 2018  tentang standar kompetensi teknik akan diberikan kepada para peserta, karena kami dari Basarnas tidak bisa bekerja sendiri tanpa dukungan dari semua pihak,” tutur Indra jaya.

Sementara Bupati Flotim Antonius Hadjon diwakili Sekda Paulus Igo Geroda mengatakan pelatihan dimaksud sangat penting mengingat Flores Timur merupakan salah satu Kabupaten di NTT yang rawan terjadi berbagai bencana.

“Kabupaten Flores Timur adalah salah satu Kabupaten yang rawan  Bencana, sehingga dengan adanya pelatihan ini masyarakat Flores Timur dibekali dengan Sumber daya manusia yang memadai, sehingga  pada saat adanya bencana, secara cepat dan tepat mengambil langkah pertolongan karena   sudah dibekali dengan pelatihan-pelatihan” Ujar Geroda mewakili Bupati Flotim.

Sejumlah informasi berhasil dihimpun Zonalinenews.Com, Flotim sebagai Kabupaten kepulauan dan berada diujung timur pulau Flores ini memiliki 9 potensi bencana.

 Adanya pelatihan dari TIM SAR merupakan hal yang tepat sehingga perlu diapresiasi dan didukung semua pihak (*Kerja Sama Humas Setda Flotim dan Zonalinenews.Com)