KNPI Alor Siap Gelar Gebyar Pemuda


Zonalinenews – Kalabahi,- KNPI Alor siap menggelar Gebyar Pemuda Alor yang direncanakan berlangsung sejak tanggal 21 -22 Oktober 2019 mendatang.

Tema yang diusung pada kegiatan ini “Melalui Gebyar Olahraga, Seni Budaya dan Pariwisata Kita Wujudkan Pariwisata Berkelanjutan Menuju Alor Sehat, Alor Kenyang dan Alor Pintar”.

“Ada beberapa mata lomba yang akan dipertandingkan diantaranya futsal, lomba tarian kolaborasi tradisional dan modern, lomba puisi tingakat SMP dan SMA, lomba panah tradisional, lomba foto destinasi pariwisata, lomba modeshow tingkat SMP/ SMA. Waktu pendaftarannya dibuka nanti di tanggal 16 Oktober,” kata ketua panitia Imanuel Sailana, Sabtu,14 September 2019 pagi.

Lanjut Sailana, tujuan dari kegiatan Gebyar Pemuda Alor untuk meningkatkan semangat nasionalisme dan kepemudaan dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda, juga sebagai ajang pengembangan minat bakat pemuda Alor dibidang seni dan olah raga.

“Kegiatan ini juga sebagai upaya mengeksplor semua potensi wisata yang ada di Alor sekaligus mendata semua infrastruktur pendukungnya. Kita harus mendorong peran serta pemuda alor dalam mengangkat semua potensi olahraga, seni budaya dan pariwisata yang berkelanjutan dalam mewujudkan alor sehat, alor kenyang dan alor pintar,” ucap Ichal sapaan akrabnya.

Ia juga menambahkan, khusus bagi peserta lomba panahan dan futsal, peserta dapat mengambil rekomendasi dari Dewan Pimpinan Kecamatan KNPI masing-masing.

Sementara Wakil Ketua II DPD KNPI Kabupaten Alor, Ronal Sir mengatakan, Alor menjadi salah satu dari 6 daerah kawasan strategis pariwisata daerah secara nasional . 

“Labuan Bajo menjadi daerah prioritas pertama pengembangan pariwisata di NTT. Kita harus mendorong sehingga Alor masuk dalam prioritas kedua,” ujar Ronal.

Menurutnya, hal ini sangatlah penting sehingga kepengurusan DPD KNPI masa bakti 2018-2021 lewat Rakerada adalah menetapkan tema program nya “Dengan Pariwasata kita wujudkan Alor Kenyang, Sehat dan Pintar.

“Sebagai tindak lanjut hasil Rakerda maka telah dibentuk panitia pelaksana kegiatan gebyar pemuda untuk menjawab program tersebut,” tambahnya.

Sir menyebut, dari kegiatan ini, DPD KNPI Alor menargetkan potensi pariwasata dan budaya daerah yang belum tereksplor dapat tereksplor dengan rangkaian tindak lanjut yang baik dalam pengembangan potensi pariwasata di daerah ini.

“Dari kegiatan ini juga dapat membuka ruang untuk pemuda dapat menyalurkan bakat, kreatifitas dan inovasi untuk kemajuan daerah tercinta kita. Untuk itu mari kita bergandengan tangan bersama dalam menyukseskan kegiatan ini. Saatnya pemuda bersatu membangun daerah dengan kemampuan diri dan kelompok,” pungkas Ronal Sir. (*Dako/Pepenk)