KSMM Gelar CCM Ke XII Tingkat SD Untuk 5 Kabupaten Kota di NTT


Zonalinenews-Kupang,- Kelompok Studi Mahasiswa Matematika (KSMM), FKIP Undana menggelar Cerdas Cermat Matematika (CCM) ke XII, tingkat SD untuk lima Kabupaten Kota di Nusa Tenggara Timur (NTT), 23-28 September 2019, di aula rektorat lama Undana.

Kegiatan itu rutin digelar oleh mahasiswa pendidikan matematika, Ketua Panitia, Florianus M Rayoan menyampaikan, tujuan kegiatan itu adalah untuk memberikan semangat belajar matematika kepada siswa SD di NTT.

“Meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami ilmu matematika,” katanya.

Lanjut Florianus, lewat kegiatan itu, pihaknya memotivasi pelajar dan guru untuk berpikir positif tentang matematika, demi perkembangan sains dan teknologi.

“Kami memberikan motivasi baik kepada guru maupun siswa, tentang pentingnya peran pendidikan matematika bagi perkembangan sains dan teknologi,” jelas Florianus.

Florianus menambahkan, kegiatan itu berawal dari seleksi serentak yang dilakukan pada tanggal 10 Agustus 2019, dan hasilnya langsung diumumkan dengan membawah 32 besar tim untuk berlomba.

“Setelah seleksi ditiap kabupaten. Pembukaan CCM XII tanggal 23 September, langsung TM. Tanggal 24 dan 25 mulai berlomba dengan 32 besar, tanggal 26 masuk 16 besar, tanggal 27 masuk 8 besar, tanggal 28 Final”

“Hadiah untuk juara satu nanti burupa uang tunai, sertifikat dan piala tetap. Juara 1 Rp 4 juta, Juara Dua Rp 3 juta, Juara Tiga Rp. 2, 5 Juta, dan juara Empat Rp 1,5 Juta,” tutup Florianus M Rayoan.

Satu krisis yang tengah melanda negara ini, kata Ketua umum KSMM, Yohanis Kamuri adalah krisis pendidikan. Hal itu bisa dilihat dari hasil akhir ujian Nasional siswa di NTT yang hampir merosot. Ini yang kemudian menjadi dasar pijak untuk terus bekali siswa-siswa sejak dini dengan Ilmu pengetahuan yang ada.

“Merosotnya hasil ujian akhir siswa, ini salah satu dasar yang kemudian mengugah kami untuk terus bekali siswa-siswi sejak dini, Puji syukur CCM sudah yang Ke XII dan bisa sampai pulau rote,” ungkap Yohanis Kamuri.

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKIP Undana, Yeter Tety saat dikorfirmasi wartawan, menyampaikan, selain untuk berkompensi lebih dari itu mereka betul-betul mencintai pelajaran Matematika, dan menjadi pribadi yang siap mnyambut masa depan.

“Apresiasi untuk CCM yang ke XII, jangkauannya sangat luas. Saya yakin kepribadian anak-anak akan terbentuk dengan baik,” kata Yeter.

Informasi yang dihimpun zonalinenews sekolah-sekolah di 5 Kabupaten yang ikut CCM 2019 diantaranya : Kota Kupang: yaitu SD Dian Harapan Kupang, SDK Citra Bangsa, SD Dian Harapan Kupang, SD Lentera, SDK Hosana, SDK Sta. Maria Asumpta, SDN BTK Naikoten, SDK Hosana, SDK Sta. Maria Asumpta, SDK Sta. Maria Asumpta, SD Lentera, SDN Angkasa, SDN Naikoten 1, SDK Tunas Bangsa, SDI Oesapa (Cadangan), SDK Citra Bangsa (Cadangan).

Kabupaten Rote Ndao: SDK St. Kristoforus Ba’a, SDN 1 Ba’a, SDI Mokdale, SDK St. Kristoforus Ba’a. Kabupaten TTU: SDK Leob, SDN 1 Kefamenanu, SDN Neonbat. Kabulaten Belu: MI Hidayatullah Atambua, SDI Tenubot. Kabulaten TTS: SD GMIT Soe 1, SD GMIT Soe 1, SDK Yaswari Soe V, SDK Yaswari Soe V. Kabupaten Kupang: SDI Puluthie, SDI Kayu Putih, SDN Naibonat.

Pantauan Zonalinenews, Kegiatan itu dibuka secara resmi oleh Dekan FKIP Undana, Dr.Melkisedek Taneo.(*Erson)