Mengenal Yoga Lebih Jauh


Zonalinenews- Yoga telah mempersatukan dunia timur dan barat mulai dari India, Cina, Jepang, Singapura, Indonesia hingga meluas ke Eropa dan Amerika dan membawa setiap orang yang melakukan Yoga kepada suatu pemahaman yang sama bahwa Yoga itu menyehatkan, indah dan harmonis bahkan berguna jika dilakukan dengan pemahaman dan disiplin yang benar dan bertanggungjawab.

Satu hal penting yang perlu diketahui tentang Yoga bahwa Yoga bukanlah agama. Sekalipun Yoga mempunyai akar yang berasal dari tradisi India yang religius dan merupakan satu dari enam sistem ortodoks philosofi India tetapi dalam Yoga tidak ada pemaksaan bahkan sampai kepada asumsi menjadikannya sebagai suatu agama atau kepercayaan.

“Yoga bukan suatu kepercayaan. Yoga mempunyai eksistensinya sendiri” (Osho/Bhagwan,1931-1990). Siapapun yang melakukan Yoga pertama tama harus menyadari apa makna tubuh dan Jiwa baginya sesuai dengan agama atau latar belakang spiritual yang ia anut.

BKS Iyengar Pendiri Iyengar Yoga dalam bukunya “Yoga Dipika” ( the light of Yoga ) menekankan bahwa siapapun yang melakukan Yoga haruslah sadar bahwa tubuhnya bukanlah miliknya sendiri tetapi pemberian Tuhan yang suatu saat akan kembali diambil oleh-Nya, oleh sebab itu seperti jiwa dan raga, tubuhpun harus dijaga agar tetap sehat dan dipakai untuk melayani Tuhan.

Yoga berasal dari kata “Yuj” yang berarti terhubung, bersatu, terikat dan Penjelasan lebih jauh tentang Yoga dapat ditelusuri lebih dalam catatan India kuno yaitu Bhagavad Gïtä, Sutra Patanjali dan Hatha Yoga Pradipka. Dalam Bhagavad Gïtä VI, 18-25 Shri Krisna Arjuna menjelaskan Yoga sebagai membebaskan dari sakit penyakit dan kekuatiran.

Yoga memang telah digunakan sebagai pengobatan alternatif pernafasan semenjak 5000 tahun yang lalu di India. Memang jika dikaitkan dengan aspek fisik maka Yoga memberi manfaat sehat dan menghindari kita dari sakit penyakit dan jika dikaitkan dengan aspek spirit maka sebagaimana konsep Men Sano in Corpore Sano, tubuh yang sehat akan memberi efek kepada jiwa yang juga sehat.

Ada bermacam macam jenis Yoga seperti: Anusara Yoga, astanga Yoga, Bikram Yoga, Flow Yoga,Hatha Yoga, Iyengar Yoga, Kripalu Yoga, Kundalini Yoga, Power Yoga, Sivananda Yoga, Vini Yoga, Vinyasa Yoga dan Fit Yoga.

Karena lebih fleksibel dan tidak banyak bergantung kepada hal hal yang bersifat spiritual maka saat ini yang hampir sering ditemui secara mudah dan umum yaitu Fit Yoga yang diajarkan ditempat tempat Fitnes dan Club sport sebab metodenya hanya berpoint pada atletik, push up, sit up dan gerakan gerakan olah tubuh modern lainnya.

Melakukan Yoga secara rutin dan teratur yang selalu diisi dengan menarik nafas (Püraka), mengeluarkan nafas (Rechaka) Dan menahan nafas (Kumbhaka) yang kemudian diikuti dengan gerakan gerakan seperti posisi berdiri (Tadasana, Vrikshasana, Garudanasana, dll); membungkuk (Uttanasana, Padahastasana, padangushtasana,dll); berputar atau rotasi (utthita Trikonasana, Parivritta Jan Shirshasana, Marichyasana, dll) duduk tegak (Dandasana, Padmasana, dll) keseimbangan (Urdhva Prasarita Ekapadasana, Adha Baddha Padmottanasana, Tolasana, Natarajasana, dll); pernafasan ( uddiana Bhanda, Nauli, dll) terlentang dengan posisi tertentu (Apanasana, Supta Padangusthasana, Shavasana), maka fisik kita mulai dari tulang, otot, saraf dan kelenjar diregenerasikan, distabilkan, dipulihkan dan dikuatkan secara maksimal.

Kitalah yang memaknai seperti apa makna sehat bagi masing masing kita dan bagaimana hidup sehat itu kita miliki namun memilih aktifitas atau gerakan yang benar benar menyehatkan bukanlah hal yang mudah. Setidaknya Yoga telah membuktikannya!. Salam Yoga.
(*Klara Mella)