Pameran Seni Kulit Kayu Papua di Jerman


Zonalinenews-Jerman,- Di Koeln Jerman dari tanggal 6-11 September 2019 dipamerkan Seni Kulit kayu asal Pulau Asei Sentani Papua.

Pameran ini menampilkan karya karya Martha Ohee dan perempuan-perempuan sedesanya berupa lukisan dengan makna makna magis dan spiritual, anyaman berupa Noken, rok rumput , Koteka, tas kulit, ukiran patung kayu, dan lain-lain.

Pada Mulanya Martha yang hanya ingin melanjutkan tradisi turun-temurun sukunya dan juga meningkatkan kehidupan ekonomi keluarganya tidak pernah membayangkan pekerjaan mereka akan dikenal luas.

Namun berkat kerjasama dengan lembaga-lembaga pemberdayaan perempuan hasil karya Martha dan kawan-kawan, akhirnya semakin dikenal luas.

Karya mereka menggunakan materi berasal dari alam Papua seperti kulit kayu, akar-akaran, kapur, tanah liat, batu bata, kerak kayu api, rumput, dan lain-lain telah dipamerkan di New York, Belanda, Jerman, Jakarta dan berbagai Kota besar lainnya.

Lukisan hasil tangan Martha yang mengandung nilai-nilai magis dan spiritual Papua bisa dengan jelas dilihat dalam setiap gambar yang ia buat.

Martha yang juga telah mendirikan sebuah studio seni di Sentani bersama dengan kawan-kawannya berhasil menjadikan desa mereka Asei sebagai salah satu desa budaya adat di Papua bahkan pendapatan ekonomi penduduk Asei khususnya para wanita yang bergabung bersama Martha semakin meningkat lewat seni kerajinan tangan seperti lukisan, ukiran, anyaman, yang mereka buat.

Adapun hasil penjualan karya karya Martha Ohee khususnya dalam pameran yang dilangsungkan di Galerie Smend, Mainzer Str.37, Koeln, Jerman saat ini akan dipakai untuk mendukung Martha dan rekan-rekannya para perempuan Asei untuk semakin melestarikan budaya asli Papua yang merupakan tanggungjawab mereka. Demikian penjelasan sutradara Lena Simanjuntak wakil dari DIG (Deutsch -Indonesische Gessellschaft e.V) Koeln yang memediasi Martha Ohee menampilkan karya-karya mereka di Jerman.(*Klara Mella)