Perdana Ampibi Undana Gelar Seleksi CCB VIII Se-NTT


Zonalinenews-Kupang,- Mahasiswa Undana FKIP Biologi yang tergabung dalam Asosiasi Mahasiswa Pendidikan Biologi (Ampibi), gelar seleksi menuju Cerdas Cermat Biologi (CCB) ke VIII, untuk 22 Kabupaten Kota di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang pertama kalinya, Sabtu, 7 September 2019.

Kegiatan itu (CCB), rutin digelar oleh mahasiswa Ampibi selama Tujuh kali dan kali ini yang Kedelapan, digelar se NTT.

Ketua panitia Carles P. Doi kepada wartawan, menyampaikan, ucapan terima kasih kepada Panitia dan semua sekolah yang berpartisipasi dalam CCB VIII.

“Terima kasih kepada sekolah yang turut ambil bagian dalam kegiatan ini. Terima kasih juga kepada panitia yang hari ini yang sudah mau bekerja keras,” Ucap Carles Doi, Sabtu 7 September 2019 di alun-alun gedung Mipa Fkip Undana.

Carles berharap, peserta seleksi menjadikan kegiatan itu sebagai tempat belajar, demi mengasah kemampuan akademik pada ilmu Biologi.

“Biologi ini asik untuk dipelajari, semoga para peserta seleksi dapat bersaing dengan baik,” tutur Carles.

7 September 2019, kata Carles mereka seleksi di kota kupang, dan pada 14 September 2019 mendatang panitia akan datangi 21 Kabupaten yang tersebar di NTT untuk seleksi.

Saat pengumuman hasil seleksi nanti, lanjut Carles, tim yang dinyatakan lulus mewakili kabupaten dalam 32 besar, agar dapat mempersiapkan diri lebih matang.

“Dalam berkompetisi di tahap selanjutnya, tim yang lulus harus mempersiapkan diri lebih matang, karena akan berlaga sangat extra di pangung CCB, 14-18 Oktober 2019 nanti,” pintanya.

Tujuan kegiatan itu, tutur Carles, semata-mata untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, logis dan cermat bagi Siswa-siswi di Indonesia secara umum, dan NTT pada Khususnya

“Kegiatan ini bertujuan mengembangkan kualitas berpikir terhadap pendidikan Biologi di NTT. CCB dapat menanamkan rasa cinta kepada Biologi,” tutup Carles.

Ditempat yang sama, Guru pendamping peserta seleksi asal SMP Katolik St. Yosep Kota Kupang Apriyanto Tomas Liko Sogen, S.Pd. kepada wartawan menyampaikan, sekolahnya membawa Tiga tim untuk seleksi CCB, kali ini mereka optimis lolos seleksi dan masuk 32 besar.

“Kami SMP K St. Yosep Kupang bawah 3 tim, persiapan kami baru bulan kemarin Minggu kedua semenjak dapat surat dari panitia. Saya dan anak-anak didik hakulyakin bisa lolos 32 besar, dan akan sabet juara satu di CCB nanti,” Tegas Apriyanto Sogen, diamini rekan gurunya Rosa De Fraga Kadeo.

Informasi yang dihimpun Zonalinenews, setelah seleksi di Kota Kupang, lanjutan panitia CCB akan datangi 21 Kabupaten yang tersebar di NTT untuk lakukan seleksi.

21 Kabupaten itu yakni: Kabupaten Kupang, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Kabupaten Timor Tengah Utara, Kabupaten Belu, Kabupaten Alor, Kabupaten Flores Timur, Kabupaten Sikka, Kabupaten Ende, Kabupaten Ngada, Kabupaten Manggarai, Kabupaten Sumba Timur, Kabupaten Sumba Barat, Kabupaten Lembata, Kabupaten Rote Ndao, Kabupaten Manggarai Barat, Kabupaten Nagekeo, Kabupaten Sumba Tengah, Kabupaten Sumba Barat Daya, Kabupaten Manggarai Timur, Kabupaten Sabu Raijua, dan Kabupaten Malaka.(*Erson)