Perwakilan Kemendes PDTT, Berpantun di Festival Adat Kabupaten Kupang


Zonalinenews.com – Oelamasi,- Kementerian Desa dan Daerah tertinggal dan Transmigrasi melalui perwakilan Direktorat Jenderal Pengembangan Daerah Tertentu (Ditjen PDTu) Ir. Rr. Aisyah Gamawati, MM , di ujung sambutannya berpantun bagi Kabupaten Kupang.

Pantun disampaikan Aisyah Gamawati pada acara Festival Budaya Adat Kabupaten Kupang yang digelar oleh Kementerian Desa PDTT, bekerjasama Pemerintah Daerah Kabupaten Kupang Sabtu 14 September 2019.

Beginilah isi Pantungnya.

“Suasana Kabupaten Kupang yang Padat, terasa ramai dan penuh cahaya melalui peran aktif pranata adat terwujud masyarakat yang damai dan berbudaya,” Pantun Aisyah

Ia menambahkan peran aktif pranata adat di Kabupaten Kupang dari para tokoh-tokoh adat menjadi sang penentu perdamian di masa depan.

Selain itu, lanjutnya baik tokoh agama dan para tokoh lainnya harus hadir menjadi budaya sejati dan berjiwa besar nasionalis dalam keluarga dan lingkungan masyarakat demi tercapainya kabupaten Kupang yang damai dalam berbudaya.

“Menjadi cahaya dan harapan baru bagi Kaum tertinggal khususnya Kabupaten Kupang yang ditujukan kepada abdi aparatur Negara setempat serta segenap komponen masyarakat guna berperan aktif dan kreatif idealis ,” tuturnya.

Lanjutnya, berpikirkah sebagai pejuang- pejuang sejati di daerah guna mengali potensi daerah dengan bekerjasama melalui proposal-proposal ke kementerian untuk diaplikasikan menjadi program-program berpotensi kemandirian bagi masyarakat Kabupaten Kupang.

Ia menambahkan dengan begitu dampak lanjut positifnya mampu menjadi tiang kebangsaan di daerah yang patriotis mencegah terjadinya konflik sosial yang mengikis jiwa pentingnya persatuan Indonesia dan perlakuan keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia demi indonesia yang bermartabat.

Sementara itu Bupati Kupang Korinus Masneno dalam sambutannya mengapresiasi kehadiran kementerian yang hadir diwilayah yang dipimpinnya.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Kupang dan seluruh rakyat Kabupaten Kupang mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Kementerian Desa dan rombongannya yang berkenan kiranya suasana ini menjadi berkat bagi pembangunan bagi kami masyarakat Kabupaten kupang, jika ada yang tidak berkenan dalam persiapan kami, kami minta maaf tetapi intinya bahwa tujuan Bapak/ibu untuk membangun budaya sebagai sarana menjaga keutuhan negara kita tercinta ini harus kami akui danhargai sebagai bentuk tatanan budaya indonesia untuk memproteksi gejala komflik yang semakin mengancam bingkai keluarga besar indonesia,” sambut Bupati.

Usai sambutan acara serimoni Festival ini diakhiri dengan penandatangan Prasasti janji Deklarasi damai yang ditanda tangani oleh Dirjen Kemendes PDTT, Bupati Kupang, Tokoh Masyarah, Tokoh adat dan Ormas-Ormas di Kabupaten Kupang. (*Paulino)