Rektor Unismuh Makassar Kukuhkan 4.566 Maba Termasuk 14 dari Luar Negeri


ZONALINENEWS-MAKASSAR. Rektor Unismuh Makassar Prof Dr H Abd Rahman Rahim SE MM, Rabu 11 September 2019 mengukuhkan 4.566 mahasiswa baru 2019 termasuk 14 mahasiswa asing dari berbagai negara.

Pengukuhan maba itu dilakukan pada acara Rapat Senat Terbuka Luar Biasa turut dihadiri Ketua PW Muhammadiyah Sulsel, Prof Dr H Ambo Asse, M.Ag. Ketua BPH Unismuh Makassar, Dr. Ir HM.Saiful Saleh, M.Si.

Selain itu juga hadir, Wakil Rektor I, Dr H Abd Rakhim Nanda, MT, Wakil Rektor II, Dr.H. Andi Syukri Syamsuri, M.Hum.

Wakil Rektor III, Dr. Muhammad Tahir, M.Si dan Wakil Rektor IV, Ir. H Saleh Molla, MM serta para dekan dan ketua prodi di jajaran Unismuh Makassar.

Pada sambutannya, Prof Rahman Rahim mengemukakan kalau jumlah mahasiswa yang lulus 2019 mencapai 4.566 orang menyebar pada 7 Fakultas dan 39 prodi S1, 7 prodi S2 dan 1 prodi S3.

Maba FKIP sebanyak 862 orang dengan 11 prodi. Fakultas Agama Islam 515 dengan 5 prodi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis 861 pada 4 prodi.

Fakultas Pertanian 234 dengan empat prodi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 458 dengan 3 prodi. Fakultas Kedokteran 282 tersebar pada 5 prodi.

Program Pascasarjana, 100 Maba. Program Majad Albir 717 orang terdiri atas, idad Lugha 661 maba, tajfis 56 orang. Pendidikan ulama tarjih 21 orang serta darmasiswa 5 orang.

Mahasiswa asing asal luar negeri 5 orang berasal dari Madagaskar, Jepang, Polandia dan Sudan di FKIP serta 8 orang asal Thailand diterima di FAI.

Prof Rahman juga berpesan kepada mahasiswa, modal utama menjadi unggul dapat dicapai melalui, imtaq (ibadah dan amal saleh), kreativitas inovatif, jejaring atau jamaah, kepercayaan atau amanah, kesungguhan atau ketekunan serta keihlasan.

Langkah strategis ditempuh kampus menghasilkan mahasiswa dan lulusan berkualitas yakni; meningkatkan kualitas produk Unismuh Makassar, tingkatkan kualitas sumber daya dosen dan karyawan, ungkap doktor pertama dosen yayasan Unismuh Makassar ini.

Tingkatkan pembinaan kemahasiswaan dan alumni lewat pembinaan bakat, minat dan penalaran.

Kembangkan Al Islam dan Kemuhammadiyahan, tingkatkan kualitas dan kuantitas kerjasama antar institusi dalam dan luar negeri. Penyediaan lembaga kreativitas mahasiswa, tandas Ketua Umum Kesatuan Masyarakat Wajo (Kemawa).

Mencapai tujuan itu kampus berupaya memberi pelayanan terbaik kepada mahasiswa dan stakholder lewat pengelolaan kampus secara profesional berorientasi mutu dengan pola kepemimpinan kolektif. (yahya-ulla)