Segera Akan Dibangun Rumah Sakit PKB di Kota Soe


Religius Usfunan,SH.

Zonalinenews-TTS,- Mungkinkah partai politik dapat membangun sumah sakit?? Pertanyaan dan keraguan itu selalu muncul dari orang-orang yang beranggapan bahwa, Partai Kebangkitan Bangsa TTS tidak mungkin dapat membangun rumah sakit di TTS khususnya Kota SoE.

Namun bagi Partai Kebangkitan Bangsa /PKB Kabupaten Timor Tengah Selatan, telah mantapkan niat bersama pengurus pengurus baik ditingkat Propinsi maupun Dewan Pengurus Pusat untuk segera membangun sebuah rumah sakit swasta milik PKB di kota SoE.

Informasi ini disampaikan oleh Ketua Partai Kebangkitan Bangsa/PKB Kabupaten TTS yang juga sebagai salah satu Wakil Ketua DPRD TTS periode 2019-2024, Religius Usfunan,SH. Sehingga menurut Religius sedikit berguyon, bahwa jangan partai politik hanya sebatas membeli Ambulance.

Dan saat ini PKB sementara melakukan pendekatan-pendekatan dengan para tokoh dan pemilik tanah untuk bisa memperoleh sebidang tanah yang sesuai dengan harapan.

Lanjutnya, bahwa tanah tidak akan dibeli, namun sistem yang dibangun adalah PKB akan menggandeng pemilik tanah sebagai pemilik saham pula pada Yayasan, dan juga pemilik lahan juga memiliki kuota tertentu baik itu kuota medis maupun non medis dalam pengelolaan yayasan maupun rumah sakit agar aset terhadap tanah tidak hilang dan berkelanjutan.

Menurut Religius Usfunan,SH. Atau biasa disapa Egy , untuk saat ini, PKB TTS melakukan identifikasi lahan yang dianggap layak, dan apabila tanah sudah oke, kita akan berproses menyangkut pembentukan yayasan dan pelibatan para pihak atas kepemilikan lahan dan keikutsertaan dalam hal kepemilikan aset dan sejumlah prasyarat lain dan ijin.

Khusus untuk bangunannya sendiri, yang jelasnya tidak ada kendala dan siap untuk dibangun apabila tanah sudah oke, ijin sudah oke pula. Sehingga untuk saat ini, kita masih mencari lahan yang tepat dan representatif untuk sebuah bangunan rumah sakit

“Lahan tentunya harus dilihat juga dari segi keterjangkauan yang mudah, maupun yang tidak kalah pentingnya adalah kenyamanan dan aman, serta kita berharap memperoleh lahan dengan view yang terbuka. Karena view yang bagus, cukup mempengaruhi psikologi orang untuk sembuh nantinya,” terang Egy

Target terlaksananya, tahun ini tanah sudah didapat sehingga tahun depan itu, focus pada kepengurusan kesepakata kesepakatan serta ijin administrasi, serta tim perencana juga sudah bisa melakukan pemetaan dan design sesuai site yang ada. Sehingga, kita berjalan secara administrasi, tim survei melakukan tugasnya dan tim teknis pula berjalan sesuai tugas dan harapan untik tercapainya kebutuhan kebutuhan pendukung personil sebuah rumah sakit yang memadai.

Ia menamabahkan, target PKB TTS, diakhir tahun 2020, minimal pihaknya sudah memulai dengan pelayanan skala kecil berupa klinik, namun kegiatan pelayanan bagi masyarakat sudah ada dan terlaksana. Sambil berproses akan fasilitas fasilitas lainnya sampai semua fasilitas layak kebutuhan rumah sakit sudah selesai semua dan dilanjutkan dengan pelayanan skala rumah sakit yang layak bagi masyarakat TTS.

“Tujuan PKB TTS bukan untuk siapa mau cari nama dan untuk siapa, tapi intinya untuk masyarakat dan dapat membantu pelayanan kesehatan bagi masyarakat,”tegas Egy.

Dan mengapa rumah sakit yang menjadi pilihan PKB TTS, karena harus diakui bahwa masih minim rumah sakit dan minim pelayanan kesehatan masyarakat yang tepat, dan PKB TTS juga berencana untuk membangun sekolah kejuruan, dan ini menjadi target lima tahun kedepan sudah harus terlaksana semuanya.

Sedangkan untuk tahun depan juga Menurut Egy , PKB TTS telah berkomitmen untuk membangun kesekertariatan partai sehingga partai tidak mengontrak atau menyewa kesekertariatan namun sudah menjadi milik sendiri.

“Dan khusus untuk segala pembiayaan atas semua rencana tersebut, Religius menyampaikan bahwa semua telah dibahas dan disepakati ditingkat dpp dan seluruh pembiayaan baik Rumah Sakit, Sekolah maupun Kesekertariatan semuanya dari pengurus PKB dan ini sudah final pembicaraannya,” Tutur Egy (*Elli)