SMA Giovanni Kupang Juara 1 Lomba CCK IX Tingkat Provinsi NTT


Zonalinrnews-Kupang,- Sekolah swasta di Nusa Tenggara Timur (NTT), SMA Katolik Giovanni Kupang berhasil mengungguli sekolah Negeri maupun swasta di seluruh NTT. SMA Giovanni berhasil menjuarai lomba Cerdas Cermat Kimia (CCK) ke IX yang berlangsung di Aula rektorat lama undana. Sabtu, 21 September 2019.

Baca juga Zonalinenews: Siswa SMA Se-NTT Uji Nyali Di CCK IX.

Kegiatan itu (CCK), digelar oleh mahasiswa Pendidikan Kimia FKIP Undana yang tergabung dalam Ikatan mahasiswa pendidikan kimia (Imaspika), Tahun ini yang ke Sembilan kalinya.

Setelah melewati proses panjang dari tahap seleksi, sampai melaju ke babak 32 besar, Sabtu 21 September , 4 tim dari 3 sekolah terbaik tingkat SMA/MA di NTT, merebutkan juara 1 di pangung utama CCK IX.

Babak final yang sangat menegangkan itu, Pantauan Zonalinenews, sekolah swasta SMAK Giovanni Kupang Tim C, dinobatkan menjadi juara satu, kemudian juara Dua pun disabet SMAK Giovanni tim A.

Namun, yang menarik dalam hajatan akbar ini (CCK), adalah Dua sekolah yang baru pertama kali terlibat dalam lomba CCK mampu mencetak rekor hingga babak final, dan menempati juara Tiga dan juara Empat.

Sekolah-sekolah itu berasal dari daerah. Antara lain, SMA Negeri 2 Waingapu sebagai juara Tiga, dan disusul oleh SMA Syuriadikara Ende sebagai juara Empat. “Woww.. hebat… kalian hebat, love you kalian;” teriak mahasiswa, terharu.

Ketua panitia CCK IX Benyamin R. Widu dalam sambutannya, menyampaikan, terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung hingga berakhirnya CCK IX dengan baik.

“Terimakasih kepada semua sekolah di NTT yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini, semoga ada hal positif yang dibawah pulang, selamat kepada tim yang juara, dan tetap berjuang kepada tim yang belum berhasil. Semoga yang maha Esa melimpahkan berkatnya bagi kita semua,” kata Benyamin.

Lanjut Benyamin berterima kasih kepada Dosen, dan semua rekan-panitia yang telah bekerja keras, sukseskan CCK IX.

“Terima kasih atas semua kebaikan hati dari dosen, dan kawan-kawan panitia. Kerja kita hari ini buahnya akan manis di hari depan, hormat untuk kawan-kawan semua. Umur panjang Imaspika, umur panjang CCK,” pungkas Benyamin, diamini rekannya koordinator sie publikasi Dini N. Ndolu.

Ketua BEM FKIP Undana, Yeter Tety ditempat yang sama mengapresiasi raihan prestasi itu, Ia berujar, sekolah swasta memang selalu berupaya mengusung suasana kompetisi, bukan hanya gurunya yang mampu berkompetisi, namun juga siswanya dapat mengembangkan diri dengan berkompetisi di luar sekolah.

“Saya beri apresiasi kepada tim yang juara, segala proses telah terjadi, dan hari ini ada hasilnya. Selamat kepada tim yang juara, dan kepada yang belum juara tetap berusaha yang terbaik,” ujarnya.

SMAK Giovanni Kupang, tutur Yeter, bisa dikatakan sekolah unggulan di Provinsi ini. Sebab, banyak yang telah ditorehkan dalam hal prestasi.
“Kepada sekolah yang juara teruslah giat berkiprah, hingga dijadikan penyemangat dan motivator bagi siswa siswi di sekolah lain,” pinta Yeter.

Lanjut Yeter menyampaikan selamat kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia, serta dosen-dosen yang terlibat aktif dalam kegiatan itu (CCK), “Proficiat kepada kawan-kawan Imaspika yang telah mengharumkan nama Undana pada umumnya, dan FKIP pada khususnya melalui kegiatan ini,” Ucap Yeter, mahasiswa Pendidikan Fisika Undana itu.

Orang nomor satu di BEM Fkip Undana ini kemudian mejelaskan, kampus pada dasarnya adalah tempat penyedia jasa advokasi mental, tempat pembinaan karakter, juga merupakan kontributor terbesar bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi. Kawan-kawan Pendidikan Kimia telah membuktikannya.

“Kampus adalah tempat paling nyaman dan tepat guna untuk mengasah kepribadian, harapan saya Prodi lain di Undana dapat mencontohi hal ini, karena yang kita harapkan adalah kegiatan-kegiatan yang bidik sorotnya pada bidang penalaran dan keilmuan,” Jeles Yeter Tety, mengakhiri sambutannya.

Ketua Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Undana, Sudirman dalam sambutannya mengajak peserta didik diseluruh pelosok NTT untuk mencintai kimia.

“Terimakasih. Saya mengajak peserta didik di seluruh NTT untuk memaknai kimia dengan sebuah cinta. Kimia itu menyenangkan dan menarik.” Cetus Kaprodi Pendidikan Kimia sembari menutup kegiatan CCK IX tingkat SMA/MA Se-NTT, pukul 19.30 WITA, dan dilanjutkan dengan pembagian pemenang kupon berhadiah 1 unit sepeda motor Beat Street.

Data yang berhasil dihimpun Zonalinenews, sekolah dan tim yang berhasil ikut lomba CCK setelah seleksi di tiap Kabupaten Kota se-NTT, berdasarkan group, yakni group A; SMAK Syuradikara Tim B, SMAN 1 Weluli tim A, SMAK Giovani Tim A dan Syuradikara Tim A.

Group B; SMAN 2 Waingapu Tim A, SMAN 1 Lebatikan, SMAN 3 Kupang Tim A, SMAN 1 Larantuka tim C. Group C; SMAK Indonesia Sejahtera Tim A, SMAN Tobu, SMA Giovani Tim B, SMAN 3 Kupang Tim B. Group D; SMAN 3 Waingapu Tim A, SMAN 1 Kupang Timur Tim C, SMAK ST Yoseph Kalabahi, SMAN 1 Kefa tim B.

Group E; SMAK Indonesia Sejahtera Tim C, SMAN Liae, SMA Citra Bangsa Tim A, SMAN Harfkakae. Group F; SMAK St Thomas Aquinas Tim A, SMAK Giovanni Tim C, SMAN 2 Waingapu Tim B, SMAS K Bhaktyarsa Tim A.

Group G; SMAN 3 Kupang Tim C, SMAN 1 Kefamenanu Tim A, SMAN 1 Larantuka Tim A, SMAK Tunas Bangsa. Group H; SMA NCIPS Tim A, SMA Kristen 1 Waikabubak Tim A, SMAN 1 Larantuka Tim B dan SMA Citra Bangsa Tim B. (*Yt/Erson)