Bupati Flotim: Siapkan Gelas di Meja DPRD, Kurangi Kemasan Plastik


Zonalinenews.Com, Larantuka Kendati Pemerintah Kabupaten Flores Timur telah menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) No. 43/2019, Tanggal 11/09/2019 Tentang Penguragan Penggunaan Produk Plastik akan tetapi sejumlah kemasan air mineral baik gelas maupun botol plastik terlihat di meja anggota Dewan Perwakilan Rakyat DaerahFlotim, sebagai minuman dalam acara pelantikan pimpinan DPRD 2019-2024 beberapa waktu lalu di balai Gelekat Lewo Kelurahan Lokea Kecamatan Larantuka.

Pemandangan ini sontak menimbulkan reaksi tak bersahabat dari Bupati Flores Timur Antonius Hadjon yang ketika menghadiri acara dimaksud.

Hadjon secara tegas menolak minuman tersebut. 

“Saya tidak akan minum air kemasan ini. Kalau teman di DPR juga mau mendukung silahkan mengurangi sampah karena sudah diperbubkan,” sebut Bupati Anton

“Sehaurusnya teman dari DPR mendukung tidak lagi ada air kemasan,” tambahnya.

Untuk itu Bupati mewanti-wanti pihak Sekretariat Dewan tidak lagi menghidangkan air kemasan.

“Wajib siapkan gelas di meja,” tandas Hadjon.

Menanggapi hal tersebut Ketua DPRD terpilih, Robertus Rebon Kreta mengatakan lembaga DPRD mendukung Perbub pengurangan penggunaan produk berbahan plastik.

“Itu adalah langkah bijak mendukung program propinsi.
Secara kelembagaan DPR  mendukung itu. Sehingga konsep pemerintah untuk mengurangi sampah plastik plastik bisa tercapai secara baik” ujar Kreta politisi PDIP.

Perwakilan Nasdem Ignasius Tukan menilai sikap Bupati Hadjon menolak meminum air kemasan yang telah dihidangkan merupakan sikap tegas dalam memerangi dan mengurangi sampah plastik.

“Saya menerjemahkan soal sampah. Beliau mempunyai orientasi bagaimana kebersihan bagian dari budaya kenapa tidak ada kemasan itu dorongan pak bupati. Itu inovatif, mari kita dukung secara bersama-sama,” ujar Tukan.

Pantauan media, Bupati Anton juga menegaskan kepada para pimpinan OPD tidak lagi menggunakan air kemasan. 
(*tim)