DINAS KOPERASI FLOTIM GELAR PELATIHAN TERNAK PUYUH


Zonalinenews-Larantuka,- Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Flores Timur bersama Mitra Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia menggelar Pelatihan Vocational bagi organisasi masyarakat dan Pemuda Bidang Diversifikasi Pengolahan Pakan Puyuh Berbahan Baku Lokal pada Kamis (24/10/2019). Kegiatan yang digelar di Aula Gelekat Nara Larantuka ini dibuka oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan pada Sekretariat Daerah Kabupaten Flores Timur, Drs. Petrus Pedo Maran, M.Si selaku Pejabat yang mewakili Bupati Flores Timur. Turut hadir pada kegiatan ini, Kepala Bidang Pengembangan Organisasi dan Kemasyarakatan pada Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Masayu Nilawati bersama Staf Enny Pritianingsih, Mitra Kementerian Koperasi dan UKM RI, Pemateri Kegiatan dan Peserta Pelatihan.

Bupati Flores Timur Antonius H. Gege Hadjon, ST dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan mengatakan, misi pertama pembangunan Flores Timur yakni ‘Selamatkan Orang Muda Flores Timur’ dalam tataran aplikatifnya dituangkan dalam sebuah program besar yakni Program Pengembangan Kewirausahaan Orang Muda Flores Timur berdasarkan minat, bakat dan potensi lokal yang dimiliki dengan goalnya yakni menciptakan para wirausahawan muda yang mandiri, sejahtera dan berdaya saing. “Mimpi kami sederhana, melalui para wirausahawan muda ini suatu saat nanti Masyarakat Flores Timur akan mencapai kesejahteraan yang sesungguhnya dan melalui kelembagaan kelompok orang muda dalam berbagai rumpun usaha sejenis yang terus didampingi, akan tumbuh menjadi Koperasi yang kuat”, kata Bupati Anton Hadjon.

Bupati Anton Hadjon juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kementerian Koperasi dan UKM RI serta Kemitraannya atas perhatian terhadap Orang Muda Flores Timur sehingga kegiatan ini bisa terselenggara. “Bagi peserta, ikutilah dengan sungguh-sungguh semua materi yang diberikan selama kegiatan ini karena semuanya sangat berguna untuk pengembangan usaha kalian. Kalian patut bersyukur karena dari ratusan orang yang merindukan hadir mengikuti kegiatan ini, hanya kalian 30 orang muda yang memperoleh kesempatan berahkmat ini. Olehnya kalian harus membuktikan kelak kepada kami bahwa sesungguhnya tidak sia-sia semua yang telah pemerintah lakukan”, pesan Bupati Anton Hadjon.
Kepala Bidang Pengembangan Organisasi dan Kemasyarakatan pada Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Masayu Nilawati dalam kesempatan yang sama mengatakan tujuan kegiatan seperti ini adalah menggerakan ekonomi lokal melalui koperasi. “Harapan kami agar Koperasinya bisa dibentuk lalu dibina, kemudian bisa menjadi model usaha bersama. Semoga ke depannya usaha-usaha mandiri seperti ini hasilnya bisa dijual ke luar daerah dan berdaya saing”, kata Masayu.
Pelatihan ini diikuti oleh 30 orang Wirausahawan muda di Flores Timur yang terpilih oleh Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Flores Timur. Materi pada pelatihan ini antara lain tentang cara berternak puyuh, pengolahan pakan puyuh dan pemasaran hasil ternak.(*Kerjasama Humas Setda Flotim dan Zonalinenews.Com)