DINAS PMD FLOTIM GELAR PELATIHAN PENINGKATAN SDM PROGRAM INOVASI DESA


Zonalinenews-Larantuka,- Pelatihan peningkatan Sumber Daya Manusia program Inovasi Desa tahun 2019, diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Flores Timur bertempat di Aula Susteran Weri Larantuka, Minggu, 13 Oktober 2019.

Kegiatan pelatihan SDM ini diperuntukan bagi Pendamping Desa (PD), Pendamping Lokal Desa (PLD) dan Tim Pengelola Inovasi Desa (TPID) dan Tenaga Gizi Puskesmas se-Kabupaten Flores Timur.
Hadir pada kesempatan itu Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat pada dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Flores Timur, Maria Goreti A.C.N Tukan; Tenaga Ahli Program Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Flores Timur, Theodorus Herin dan Royneldis Carli, serta para peserta pelatihan.

Sambutan tertulis Bupati Flores Timur Antonius H. Gege Hadjon ,ST pada acara pembukaan yang dibacakan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Flores Timur, Rufus Koda Teluma, S.Sos mengatakan kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas sumber daya manusia bagi pendamping desa (PD), Pendamping Lokal Desa (PLD) dan Tim Pengelola Inovasi Desa (TPID),dan Tenaga Gisi Puskesmas, merupakan upaya Pemerintah Daerah dalam rangka mewujudkan Pemerintahan yang bersih dan Kepemerintahan yang baik dan diharapkan mampu meningkatkan kapasitas teknis dan substansi program dalam melaksanakan Inovasi Desa.

Solusi Inovasi Desa yakni memanfaatkan dana desa secara tepat dan efektif dalam jangka menengah dan Pemerintah mendorong agar pelatihan ini secara serius untuk meningkatkan produktivitas dan pertumbuhan ekonomi perdesaan serta membangun kapasitas desa yang berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat dan kemandirian desa. Peningktan kualitas hidup masyarakat desa diutamakan untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan di bidang pelayanan sosial dasar yang berdampak langsung pada meningkatnya kualitas hidup masyarakat. Peningkatan pelayanan publik ditingkat desa diwujudkan dalam upaya peningkatan gizi masyarakat serta pencegahan anak kerdil ( Stunting ).

Kegiatan Pelatihan SDM ini, kita mau menyatukan tekad kita dan menyamakan presepsi kita tentang bagaimana upaya kita untuk melakukan pencegahan Penanganan stunting. Pemerintah Daerah kita telah meluncurkan program Gerobak Cinta, guna menggepur dan melakukan perlawanan bahkan mengilangkan stunting di Kabupaten Flores Timur. Materi yang akan diberikan dalam pelatihan ini muaranya kepada penanganan stunting. Maka bagaimana kita sebagai pendamping frofesional dan tenaga gisi puskesmas yang paling penting adalah mengikuti dengan serius dan memasukan program Inovasi desa dalam hal ini stunting kedalam perencanaan desa dalam tahun 2020, kata Bupati Anton Hadjon.

Kepala Bidang Pemberyaan Masyarakat Kabupaten Flores Timur, pada Dinas Pemerdayaan Masyarakat Desa, Maria Goreti A.C.N Tukan melaporkan kegiatan pelatihan sumber daya manusia ini, dilakukan di Larantuka mulai tanggal 13 s/d.17 Oktober 2019 yang dibagi dalam dua gelombang. Gelombang pertama dari tanggal 13 s/d. 15 Oktober 2019 diikuti oleh 106 orang dan gelombang kedua tanggal 15 s/d.17 Oktober 2019 diikuti oleh 88 orang peserta bertempat di aula susteran Weri Larantuka. Peserta pelatihan SDM sebanyak 194 terdiri dari Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, Tim Pengelola Inovasi Desa, dan Tenga Gizi Kecamatan. Tujuan pelatihan SDM, menurut Ita Tukan adalah meningkatnya pengetahuan Program Inovasi Desa, Meningkatnya pengetahuan tentang penangangan dan pencegahan Stunting, dan terakomodirnya kegiatan program stunting dalam program Inovasi Desa.(*Kerjasama Humas Sekda Flotim)