Empat Desa di Pulau Ndao Secara Perdana, Peroleh Sertifikat Tanah Gratis


Zonalinenews.Com-Ba’a.Pendaftaran Tanah Sistimatis Lengkap (PTSL) yang merupakan Program Strategis Nasional yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi, bertujuan memberikan kepastian hukum hak atas tanah agar Masyarakat mendapatkan kepastian hukum dan perlindungan hukum dari kepemilikan tanahnya yang dibuktikan dengan sertifikat tanah.

Melalui program tersebut maka Kementrian Agraria dan Tata ruang/Badan Pertanahan Nasional melalui Kantor Pertanahan Kabupaten Rote Ndao Menyerahkan sebanyak 702 sertifikat tanah secara perdana kepada Masyarakat Kecamatan Ndao Nuse,Kabupaten Rote Ndao,Provinsi Nusa Tenggara Timur, Rabu 16 Oktober 2019.

Kecamatan Ndao Nuse yang terdiri dari pulau Ndao dan pulau Nuse memiliki 5 Desa yaitu 4 Desa di pulau Ndao dan 1 Desa di pulau Nuse. Empat Desa penerima PTSL diantaranya Desa Anarae sebanyak 158 orang penerima sertifikat tanah,Desa Mbali Lendeiki 172 sertifikat tanah,Desa Mbiu Lombo 130 sertifikat tanah dan Desa Ndao Nuse 242 sertifikat tanah,sehingga total penerima yang sudah menerima sertifikat tanahnya di Pulau Ndao yaitu 702 sertifikat.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Rote Ndao Abel Asa Mau,S.SiT melalui Kepala Seksi Hubungan Hukum Pertanahan Kabupaten Rote Ndao Anselmus R.K.Kunu kepada Zonaline News.Com disela-sela kegiatan tersebut di Pulau Ndao mengatakan, penetapan lokasi Pendaftaran Tanah Sistimatis Lengkap(PTSL) Pulau Ndao,Kecamatan Ndao Nuse dimulai pada bulan Januari 2019 dan penyerahan sertifikat tanah kepada masyarakat dari empat Desa di Kecamatan Ndao Nuse tersebut sudah melalui pemetaan sesui dengan kategori Desa lengkap dan pulau lengkap program PTSL dimana seluruh bidang tanah telah diukur dan dipetakan baik itu bagi Masyarakat yang sudah menerima sertifikat maupun yang belum menerima sertifikat karena berhalangan atau karena sesuatu hal lain.

“Kita sudah memulai pemetaannya dari sejak bulan Januari 2019 yang lalu,khusus kecamatan Ndao Nuse dan kecamatan Rote Barat total Desa penerima Program PTSL berjumlah 10 Desa dan kita sudah menyerahkan Sertifikat pada 9 Desa, sisa Desa Nemberala yang rencananya akan diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Rote Ndao,”ujar Kunu.

Sementara itu Babinkamtibmas Pulau Ndao Herman Muskanan Folla kepada wartawan mengatakan, masyarakat di pulau Ndao dan Pulau Nuse telah menanti-nantikan program PTSL dengan senang hati walaupun kadang-kadang Masyarakat merasa dilema dengan surat pemberitahuan pajak karena ada diantara warga yang menantikan surat pajak namun tidak kunjung mendapatkan surat pajak tersebut, sehingga warga sangat berpikir bagaimana caranya agar program PTSL itu tiba.

Dengan penyerahan sertifikat tanah secara gratis oleh pemerintah dalam hal ini Kantor Pertanahan Kabupaten Rote Ndao maka warga sangat senang walaupun ada yang belum mendapatkan sertifikat tersebut karena berkaitan dengan kelengkapan administrasi dan lain-lain.

“Kami sebagai Babinsa selalu memberikan dorongan dan motifasi serta penjelasan kepada Masyarakat agar masyarakat memahami akan pentingnya kepemilikan sertifikat hak atas tanah mereka masing-masing, walaupun fungsi dan tugas pokok kami sebenarnya bukan demikian namun karena kami tinggal ditengah-tengah Masyarakat dan kami adalah bagian dari Masyarakat itu sendiri,”ujar Muskananfola. (*Tony).