Festival Expo Uyelewun Raya dibuka Secara Resmi di Desa Benihading


Zonalinenews-Lembata,- Festival Expo Uyelewun Raya dibuka secara resmi di Desa Benihading Kecamatan Buyasuri Kabupaten Lembata di tandai dengan pemukulan Gong oleh Asisten tiga Pemda Lembata, Kamis 17 Oktober 2019.

Dalam sambutan singkatnya Diktur penanganan daerah tertinggal Hasrul Edyar dalam sambutan pembukaan Festival Expo Raya Uyelewun di desa Benihading mengatakan saat ini kita perlu menjaga persatuan dan kesatuan serta semangat persaudaraan yang sudah terjalin sejak dulu.

Menurut Hasrul, perlu adanya penataan adat kembali agar tidak dilupakan oleh generasi berikutnya.

Lanjutnya masyarakat di sini adalah masyarakat yang heterogen sehingga dirinya berharap ke depan tidak akan terjadi Konflik namun sebaliknya dijaga dengan baik agar keharmonisan ini tetap terjaga.

” Dengan adanya banyak Etnis di desa ini dapat mengkolaborasi serta menghasikan keaneka ragaman nantinya,” ucapnya.

Saat di wawancarai sejumlah Awak media Hasrul katakan i dirinya memberikan apresiasi Kepada masyarakat kecamatan Buyasuri, ini moment awal untuk bangkit bersatunya masyarakat dalam melawan terjadinya Konflik dan menciptakan suasana damai di tengah-tengah masyarakat oleh pemda, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, pemuda.

” kita harapkan bahu membahu untuk mewujudkan suasana damai di lembata menuju lembata yang lebih sejahtra, dan menjadi contoh di tingkat nasional, kami bangga kepada masyarakat Lembata,” ucap Hasrul.

Hasrul menambahkan, festival ini merupakan Wadah untuk menciptakan kreasi seperti pameran Kuliner dan banyak kreasi lainnya yang dapat menyatukan Budaya etnis sehingga tetap ada kebersamaan, Lembata ke depan.

” kami harapkan tetap menjadi Panutan di tengah-tengah masyarakat, jik kalau ada konflik pun sekecil apapun tidak akan menjadi besar justru menjadi kekuatan di tengah-tengah masyarakat untuk menjadi sumber daya yang menguatkan persatuan dan kesatuan,” tutup Hasrul Edyar Direktur Penanganan darah tertinggal Pasca Konflik. (*Rita Senak)