Group Qasidah dan Vokal Group GBI Kalabahi Meriahkan Pembukaan Pesparani II


Zonalinenews -Kalabahi – Group Qasidah Handayani dan Vokal Group Gereja Bethel Indonesia Kalabahi (GBI) Kabupaten Alor ikut memeriahkan acara pembukaan Pesta Paduan Suara Gerejani Katolik (Pesparani )II dan Perayaan Hari Pangan Sedunia di halaman SMA St Yoseph, Kamis, 3 Oktober 2019 malam.

Uskup Agung Kupang Mgr. Petrus Turang dalam sambutannya mengatakan, keterlibatan group qasidah dan vokal group GBI pada kegiatan ini merupakan anugerah yang luar biasa di Kabupaten Alor.

“Ini menunjukkan kondisi kerukunan antar umat beragama di daerah ini sangat baik. Kegiatan semacam ini dengan melibatkan group kesenian lintas agama harus terus ditingkatkan untuk mempererat kerukunan antar sesama,” kata Pertus Turang.

Menurutnya, tidak ada satu negara di dunia ini yang mempunyai ketetapan seperti ini sehingga peristiwa semacam ini harus terus dijaga.

“Dukungan ini sangat luar biasa yang tidak bisa dihitung. Dengan keyakinan kita masing-masing yang terikat dalam satu kesatuan bangsa, mari kita membentuk pelangi,” ujar Uskup Agung.

Terkait dengan perayaan HPS, Mgr. Petrus Turang menyampaikan, selain sebagai ungkapan rasa syukur akan nikmat yang Tuhan berikan, HPS juga merupakan momentum untuk meningkatkan hasil pertanian yang baik dan benar.

“Pertanian yang baik dan benar adalah dengan tidak sekedar mencari keuntungan dan merusak tanah. Saya tidak anti pupuk organik dan sebagainya, tapi harus tau bagaimana cara pakainya supaya tanah tidak rusak,” ungkapnya.

Untuk itu dirinya berharap kepada umat katolik khususnya untuk bekerja dengan keringat tanpa banyak bergantung pada zat kimia sehingga membuat tanah-tanah kembali berhadapan dengan sumber kehidupan utamanya yakni matahari.

“Inti dari HPS adalah membangun relasi yakni relasi manusia dengan tanah, manusia dengan hasil dari tanah,” pungkas Uskup Agung Mgr. Petrus Turang. (*Pepenk)