Kain Tenun Asli Motif Boti, Ada di Stand Expo Sidang Sinode


Zonalinenews-Kupang,- Kain tenun asli dengan bahan dasar kapas motif Boti dari Desa Adat Boti, ada di stand expo klasis Amanuban Timur Selatan, pada sidang raya sinode GMIT ke XXXIV. Stand itu ada di alun-alun gedung gereja Paulus 15-22 Oktober 2019.

Kain yang dibuat dari kapas itu memakai pewarna alami, Desa Boti Kecamatan Kie Kabuoaten TTS. Ketua Majelis Jemaat Oenae klasis Amanuban Timur Selatan Pdt. Tres Fanggidae,S.Th. ketika ditemui awak media, menyampaikan proses kain itu kualitasnya bagus. Sebab, kain itu benangnya dibuat langsung secara tradisional oleh jemaat dari kapas.

“Kain ini kualitasnya bagus, benangnya dari kapas. Disana masyarakat panen kapas dan buat jadi benang secara tradisional. Cara meracik kapas hingga jadi benang adalah dengan abu dan tempurung. Alat dan bahan inilah yang digunakan untuk pintal kapas jadi benang, kemidian di beri pewarna alami,”jelasnya.

Proses pembuatannya, lanjut Pdt. Tres, paling lama. Sebab, sangat tradisional, Itulah sebabnya harga kainnya itu jauh lebih mahal.

“Satu kain jadi, bisa makan waktu Satu bulan, itupun harus fokus. kerja tanpa dia masak dan masuk kebun. Kalau masih kerja yang lain-lain jelas bisa berbulan-bulan barulah kain itu jadi. Harga kain itu kalau di Sonaf Rp. 2.500.000 sampai Rp.5.000.000. Tapi, di sini kami jual Rp.1.500.000,” tutupnya. (*Erson)