Keluar dari Daerah Tertinggal, Dirjen PDT Puji Bupati Manggarai


ZONALINENEWS-MANGGARAI,- Kabupaten Manggarai, Provinsi NTT dicabut statusnya sebagai daerah tertinggal oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) beberapa yang bulan lalu.

Menangapi hal itu Kemendes PDTT melalui Dirjen Pengembangan Daerah Tertentu ( PDT) RR Aisya Karmawati memuji bupati Manggarai Deno Kamelus. Hal ini ia sampaikan dalam sambutan resmi acara Festival Pranata Adat di halaman Kantor Bupati Manggarai, Rabu 9 Oktober 2019.

Menurut dia, masih ada 60 kabupaten di Indonesia berstatus daerah tertinggal. Ia menilai, berkat kepemimpinan bupati Deno Kamelus maka kabupaten Manggarai terentas dari daerah tertinggal.

“Berikan aplaus kepada bapak bupati. Tenang pak bupati, selama tiga tahun ini kami tetap mensuport pak bupati. Kami tidak akan tinggalkan pak bupati. Kami setia pak. Ayo mari kita bersama sama bangun kabupaten ini,” ungkapnya sembari mengajak para undangan untuk memberikan tepuk tangan.

Untuk kabupaten Manggarai kata dia, Kemendes PDTT telah mengkucurkan dana senilai hampir 10 Milliar.

Anggaran ini untuk pembangunan sarana olahraga dan tambat perahu di dintor sedangkan pengembangan pariwisata telah dibangun homstey 2 unit di pulau Mules.

“Selain itu pengadaan perangkat sistim bencana dan pembangunan jalan wisata serta beberapa item kegitan lainnya,” terang dia

Ia Menambahkan, Kemendes PDTT tertinggal mengemban amanat untuk melaksanakan nawacita ketiga yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan republik Indonesia.

Lanjutnya, pihaknya telah memberikan bantuan yang terkait dengan penyediaan kapal barang,ada juga pengadaan perangkat sistem untuk benca, kemudian juga ada bantuan yang terkait dengan rehabilitasi pondok wisata, pembangunan jalan.

“Desa wisata yang kita bangun tidak akan terwujud kalau tidak ada perintah untuk melihat bagaimana hasil pembangunan di daerah, dengan keberagaman suku budaya bahasa kita bisa memajukan pembangunan di daerah ini,”tutur RR Aisya Karmawati (*Kons)