Kota Kupang, Gerakan Menuju 100 Smart City


Zonalinenews-Kupang,- Gerakan menuju 100 Smart City merupakan program bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR.

Gerakan tersebut bertujuan membimbing Kabupaten/Kota dalam menyusun Masterplan Smart City agar bisa lebih memaksimalkan pemanfaatan teknologi, baik dalam meningkatkan pelayanan masyarakat maupun mengakselerasikan potensi yang ada di masing-masing daerah.

Demikian diungkapkan Bupati Sidoarjo, H. Saifulilah S.H.,M.Hum, Bupati Sidoarjo selaku Presiden City Net Indonesia didampingi Sekretaris City Net yakni Sekda Sidoarjo, Ahmad Zaini, serta Wakil Sekretaris City Net Indonesia, yakni Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani dan Walikota Kupang, Jefri Riwu Kore saat menggelar Konferensi Pers dalam rangka Seminar dan sharing Indonesia tahun 2019 dengan tema strategi pengembangan smart city.

Kegiatan ini berlangsung di Sonaf Subasuka Paradise Kupang, Rabu 16 Oktober 2019 pukul 18.00 WITA.

Menurut H. Saifulilah, gerakan menuju 100 Smart City adalah pemanfaatan teknolgi kunci utama meningkatkan pelayanan ke masyarakat dengan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah.

” Salah satu langkah forum smart City adalah mempercepat penyusunan master plan Smart City. Dengan bergabungnya City Net Indonesia di tahun 2019 memberikan ide mester plan Smart City;” tutur H. Saifulilah.

H. Saifulilah menambahkan, saat ini forum City Net Indonesia sebanyak 23 Kabupatan Kota. Manfaat dengan bergabung di forum ini adalah penambahan jejaring Kabupaten /Kota di Indonesia dan bahkan dunia dalam pengembangan konsep Smart City, Sehingga yang tergabung dalam forum ini bisa maju bersama.

” Sejak bergabung bersama city net dapat meningkatkan investasi, menghadirkan investor dengan memanfaatkan pengembangan teknologi informasi, Inovasi perijinan berbasis online, ” ucap H. Saifulilah.

Sementara Walikota Kupang, Jefri Riwu pada kesempatan itu menjelaskan , dengan bergabung di organisasi City Net keungulan dan keberhasilan dari berbagai Kota atau Kabupaten yang memiliki program Smart City bisa dicontohi atau diteladani.

” Saat ini Kota Kupang lagi berproses menuju Smart City. Mengapa harus City Net karena City Net penting untuk kemajuan suatu bangsa ,”tutur Jefri Riwu Kore.(*tim)