Mentri ESDM Ignas Jonan Resmikan SPBU Lembata Terindah Dunia


Zonalinrnews- Lembata,- ” SPBU terindah yang saya temukan cuma di Kecamatan Omesuri kabupaten Lembata, saya sudah keliling indonesia bahkan Dunia, cuma terindah di kabupaten lembata, ” demikian sambutan singkat Mentri ESDM, Ignas Jonan saat kunjungan sekaligus meresmikan SPBU satu harga di Kabupaten Lembata Jumat 11 Oktober 2019 di Desa Balauring Kecamatan Omesuri, Kabupaten Lemabata.

Menurut Ignas, dirinya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Lembata yang berkenan jadi tuan rumah.

” Dari 170 lokasi pembangunan BBM satu harga itu 13 diberikan ( diturunkan) terakhir di sini untuk tahun ini, provinsinya NTB, Papua Barat, NTT, Kalsel Kalteng, dan Maluku Utara. Kita jadikan ke sini hari ini secara simbolis berarti kita sudah membangun di 170 titik atau 170 Kecamatan,”tegas Jonan.

Ke depannya lanjutnya dirinya sudah melaporkan ke Presiden agar program ini diteruskan sampai tahun 2024 menjadi 500 titik lagi.

” Saya juga pesan kepada kepala BPH dan petugas pada Pertamina agar SPBU yang dibangun ini , betul-betul dikomersialkan,” tuturnya.

Ia menambahkan bila dalam satu hari kemempuan SPBU mencapai 30 ton saja; berarti di komersilkan saja, Jadi tidak hanya menjual yang namanya solar bersubsidi dan premium tapi juga menjual produk-produk yang lebih baik seperti pertalite atau dexelite.

” Kalau bisa SPBU itu menurut saya sangat penting dan juga tolong kendaraan angkutan darat ditambah. Pak Bupati, bilang ini satu pulau cuma satu kalau satu saja kurang, karena kalau boleh tambah satu lagi juga angkutan laut nya Pak Bupati, angkutan laut memang dua dan satu lagi dengan kapal yang lebih besar tapi kalau dengan kapal yang besar harus merubah Pelabuhan,” tambah Jonan.

Lanjut Ignas Jonan, permintaan Bapak Bupati kirim saja ke kami di jakarta, Permintaan itu tidak tidak perlu jalan ke Jakarta Nanti saya urus Pak Bupati kalau ada langsung kami bangun melalui dana APBN,”kata Ignas Jonan.

Permintaan berikut Sumur Bor menurut Jonas , akan dibangunkan sumur bor dengan jaringan teknologi geo listrik .

“itu bisa setiap sumur akan melayani sampai dengan 4000 jiwa 4000 jiwa sampai 2500 jiwa tapi satu jiwa bisa memanfaatkan 60 liter air bersih sehari setiap hari 60 liter setiap orang itu banyak sekali,” tutur Jonan.

Ignas Jonan menegaskan permintaan BBM sudah terjawab penyalur juga oke, soal listrik pihaknya berencana akan memasang listrik gratis bagi 341 rumah. (* Rita Senak)