Pembangunan Masjid Al Ikwan Ba’a , Rajut Kebinekaan dalam Hidup Berdampingan


Zonalinenews.Com-Ba’a.Masjid Al Ikwan yang terletak berdekatan dengan Lapangan Sepak bola Ba’a Kabupaten Rote Ndao akan segera dibangun baru, Pembangunan tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama oleh pemerintah Kabupaten Rote Ndao yang diwakilkan oleh Wakil Bupati Rote Ndao, Stefanus M.Saek,M.Si Kamis 17 oktober 2019 pukul 13.00 WITA.

Masjid Al Ikwan salah satu Masjid tertua di Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur, dibangun pada tahun 80 an oleh Menpangab, M.Yusuf dan segera dibangun baru karena salah arah Kiblat ( arah Sajadah).

Atas bantuan Bapak Halimina pemilik PT Indonesia Morowali Industrial Park melalui Yayasan Bintang Delapan diharapkan umat muslim di kabupaten Rote Ndao dapat beribadah dengan baik dan bisa hidup berdampingan dengan umat beragama lain dalam Kebhinekaan.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Yayasan Bintang Delapan Komjen Purn, Supadmi Parto dalam sambutannya mengatakan pihaknya hanya sebagai penyalur bantuan dari Bapak Halinima pemilik PT Indonesia Morowali Industrial Park dan mengharapkan Kebhinekaan Tunggal Ika perlu dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari agar sesama umat beragama dapat hidup berdampingan di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Wakil Bupati Rote Ndao dalam sambutannya mengatakan dirinya mendapatkan telepon dari mantan Bupati Rote Ndao terkait donatur yang bersedia membantu pembangunan Masjid tersebut dan pemerintah Rote Ndao kata wakil Bupati Stefanus Saek,menyambut baik dengan bantuan itu karena niat baik tersebut telah turut meringankan tugas pemerintah dalam penyelenggaraan pembangunan di daerah terselatan NKRI.

“Kami mengucapkan terimakasih,ini meringankan tugas kami dalam penyelenggaraan pembangunan karena Masjid ini merupakan salah satu Masjid tertua di Ba’a berhadapan langsung dengan Gereja sehingga kami berharap ke panitia dengan penuh tanggung jawab bersama donatur agar selesai tepat waktu,”imbuhnya.

Sementara sambutan Kepala Kantor Agama Kabupaten Rote Ndao menyebutkan bahwa Kakanwil Provinsi NTT telah membantu menentukan arah kiblat yang sesuai, termasuk menghitung kalibrasi arah kiblat akibat pergeseran lempeng bumi.

Acara peletakan batu pertama pembangunan Masjid Al Ikhwal hanya simbolis karena pembangunannya sudah dimulai sejak beberapa minggu lalu.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh sekitar 100 orang, acara dihadiri oleh wakil Bupati Rote Ndao Stefanus M.Saek,M.Si, Saleh Husin,SE.,M.Si (Mantan Mentri Perindustrian Kabinet Kerja periode 2014-2016), Halimina penyandang dana dari PT Indonesia Worowali Industrial Park, Dandim 1627 Rote Ndao, Letkol Kav. Adriyan Wahyu Dwi Atmoko,S.Ip, Kapolres Rote Ndao,Bambang Hari Wibowo,S.IK,M.Si, Kepala Kantor Kemenag Rote Ndao, Abnela Vobia, perwakilan Lanal Pulau Rote,Lettu Laut Wahyudi,Kapolsek Lobalain, Iptu Daniel Koanak, Ketua MUI Rote Ndao Ahmad Kosso,S.Pd, Vicoas Amalo (Ketua perkumpulan Rote Bersatu), Achar Mahmud (anggota DPRD Rote Ndao) serta Insan Pers dan undangan lainnya.(*Tony)