Pendidikan Kimia Juara Umum SAKTI MIPA Undana 2019


Zonalinenews-Kupang;- Program study pendidikan kimia FKIP Undana resmi dinobatkan menjadi juara satu umum, dalam aneka perlombaan pada kegiatan Sakti (Saptu Kreatif dan Inovatif) Mipa, Universitas Nusa Cenda (Undana), Tahun 2019.SaBtu 5 Oktober 2019.

Kegiatan Sakti Mipa digelar rutin tiap tahun oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), Pendidikan MIPA. Tahun 2019 di gelar pada Saptu 28 November dan Sabtu 5 Oktober , di alun-alun gedung Mipa FKIP Undana.

Ketua HMJ Mipa, Folkes O. Timu kepada awak media meyampaikan, kegiatan itu untuk membina karakter mahasiswa baru dalam menjemput dunia kampus.

“Kami gelar kegiatan-kegiatan ilmia, tujuan kami hanya ingin mental mahasiswa terbentuk. Sebab, iklim di dunia kampus tidak sama dengan di SMA. Kegiatan ilmia ini lahir untuk mereka (Mahasiswa baru)” Tutur Folkes, di kokasi kegiatan, Sabtu 5 Oktober 2019.

Kegiatan itu, lanjut Folkes, untuk saling membangun keakraban antara mahasiswa dan alumni, serta mahasiswa dan dosen. “Kami khususkan pada mahasiswa baru 2019, lewat kegiatan ini bisa mengenal semua element yang ada di MIPA,” Imbuh Folkes Timu.

Ketua panitia, Marselina Cahyani Habun, di tempat yang sama mengungkapkan, kegiatan itu sangat urgen. Sebab, bisa memperlihatkan minat dan bakat mahasiswa yang baru mulai menginjakan kakinya dibangku perguruan tinggi.

“Kegiatan ini bagus. Dengan adanya lomba-lomba seperti ini, kita bisa melihat dan menemukan banyak talenta tersembunyi dari mahasiswa baru angkatan 2019,” ungkap Cahyani.

Selain mengali minat dan bakat, lanjut Cahyani menjelaskan,¬† kegiatan itu juga untuk mempertajam sikap kritis dan kreativitas mahasiswa dalam bidang intektual dan inovasi melalui informasi-informasi yang telah di terima dalam proses. “Saya haqul yakin. Semangat yang mereka (Mahasiswa) punya ini, mereka akan jadi orang luar biasa nanti,” pungkas Cahyani, penuh keyakinan.

Cahyani berharap lewat kegiatan itu, tidak ada lagi sekat-sekat antara sesama mahasiswa yang baru datang kuliah di MIPA, “Memang waktu kami singkat sehingga terkesan tidak efektif. Tapi sedikit yang kami berikan semoga dapat berguna, dan diteruskan apa yang mereka peroleh,” harap Cahyani.

Koordinator seksi acara, Horiana Haki ditempat yang sama juga menjelaskan, ada empat jenis mata lomba yang dilombakan dalam kegiatan Sakti MIPA, serta materi-materi yang panitia siapkan.

“Kami adakan lomba menari, debat ilmia, orasi, dan musikalisasi puisi. Ada juga materi-materi seperti menjalin Keberagaman di NKRI, Motivasi berorganisasi, dan Publik Speacking,”jelas Horiana.

Seorang peserta Novi Sa’u, mahasiswa asal pendidikan Kimia, saat ditemui reporter usai berkegiatan, menyampaikan, rasa terima kasih dan terharunya bisa terlibat langsung dalam sakti Mipa. “Terima buat panitia, kami dapat banyak hal dalam kegiatan ini” Kata Novy, senang.

Sergius Melo, seorang peserta lomba debat dalam hajatan akbar itu, menyampaikan, rasa syukur dan bangga. Sebab, timnya bisa keluar sebagai juara satu.

“Wow. Bangga. Bahagia. Itu yang terlintas di isi kepala saat ini. Syukur saya dan kawan-kawan bisa keluar sebagai juara satu lomba debat,”kata Sergius Melo, diamini kedua rekannya Sergia Nembot dan Grecela Boimau.

Sergius Melo menambakan, walaupun waktu persiapan mereka singkat, tapi mereka pendidikan Kimia mampu pukul rata Prodi lain di Mipa, dan sabet sekian banyak juara, hingga keluar sebagai jawara umum diatas Prodi Matematika, Fisika dan Biologi.

“Kami persiapan singkat sekali. Ya, jelas kurang matang.¬†Tapi Syukur pada lomba debat kami juara Satu dan juara Dua, lomba Menari juara Dua, Lomba Orasi juara Tiga dan Musikalisasi puisi juara Dua. Tuhan baik,” ucap Sergius Melo.

Terpisah Ketua BEM Fkip Undana, Yeter A. Tety ketika dikonfirmasi reporter via ponsel, saat menutup kegiatan serupa di Delapan jurusan lainnya se-Fkip, menyampaikan, kegiatan itu lahir atas rasa keterpangilan yang mendalam oleh pengurus Ormawa.

“Semua ini terjadi atas rasa keterpanggilan kami akan lingkungan dimana kami belajar. Kampus merupakan laboratorium sejati bagi mahasiswa, mahasiswa harus manfaatkan itu dengan baik untuk mengasah jiwa kekritisannya,”ucap Yeter.

Mahasiswa hadir, tegas Yeter Tety, untuk menyelematkan negeri ini, dimana mahasiswa harus hadir sebagai manusia yang mempunyai intelek yang tinggi, mampu melihat hal-hal ganjal yang ada di negeri ini tanpa diam, harus mampu menunjukkan kebenaran.

“Mahasiswa ini garda terdepan. Kita lihat sejarah bangsa itu jelas. Bahwa kehidupan saat ini, harus kita jujur kalau itu adalah buah manis dari perjuangan mahasiswa saat itu. Yang mesti dibuat mahasiswa saat ini adalah jika benar bilang benar, jika salah bilang salah, karena selebihnya itu milik si iblis.” tegas Yeter.

Yeter menambahkan, ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung, hingga kegiatan di Delapan jurusan Se-Fkip bisa berjalan dengan baik, salah satunya di MIPA.

“Lewat HMJ mahasiswa baru di persiapan untuk mengikuti kegiatan di tingkat fakultas nanti. Terima kasih kepada sejumlah HMJ, sudah mau berjuang untuk sukseskan kegiatan. Mari terus kita belajar dan mengajar tentang keberpihakan,” Pinta Yeter Tety .(*Dini Ndolu/EA)