Perkuat Peran dan Peringatan Dini Tsunami, BMKG Alor Gelar SLG


Zonalinenews – Kalabahi,- Untuk menguatkan peran geofisika daerah dalam memberikan pemahaman yang benar mengenai gempa bumi dan peringtakan dini tsunami, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Alor menggelar Sekolah Lapang Geofisika (SLG)di Aula Kopdit Citra Hidup, Rabu, 9 Oktober 2019 pagi.

Kepala Stasiun Geofisika Alor Sumawan dalam sambutannya mengatakan, selain peran geofisika daerah, peran BPBD sebagai simpul utama komunitas daerah dalam memberikan informasi dan arahan yang benar kepada masyarakat juga diperkuat.

“Tujuan SLG ini juga sebagai sarana untuk membangun sistem sikap, tanggap gempa bumi dan tsunami bagi masyarakat dan sekolah yang berada di wilayah Kabupaten Alor yang sangat berpotensi terjadi gempa bumi dan tsunami,” katanya.

Sumawan berharap, dari kegiatan ini ada peningkatan pemahaman informasi peringatan dini gempa bumi dan tsunami oleh BPBD dan pihak terkait, sehingga dapat menentukan tindak lanjut setelah mendapatkan informasi dari BMKG.

Sementara Kepala Balai Besar Kelas III Denpasar Muhammad Taufik Gunawan menyampaikan, peran BKMG wajib untuk menyediakan dan menyebarluaskan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami kepada BPBD sebagai instansi terkait.

“Hal ini sejalan dengan tugas dan fungsi pokok BMKG berdasarkan UU Nomor 31 Tahun 2009 tentang informasi rutin dan peringatan dini,” ujarnya.

Menurutnya, Indonesia berada diantara 3 lempengan besar yakni lempengan Australia, lempengan Asia dan lempengan Pasifik.

“Untuk Alor sendiri berada diantara 2 pertemuan lempengan yakni Australia dan Asia. Daerah-daerah semacam ini pasti mengalami gempa bumi, namun permasalahannya adalah kita tidak tau waktunya sehingga peran BPBD sangat penting dalam penyebarluasan informasi ke masyarakat,” tambah Taufik.

Bupati Alor Drs. Amon Djobo sebelum membuka SLG secara resmi menyampaikan apresiasi kepada BMKG yang telah memberikan sentuhan pelayanan kemanusiaan di daerah ini.

“Untuk itu saya berharap kepada teman-teman OPD terkait, dan seluruh elemen yang terlibat dalam kegiatan ini harus serius mengikuti setiap materi dengan baik sehingga nanti dapat menyebarluaskannya kepada masyarakat dan lingkungan disekitar,”pungkas Amon Djobo.

Hadir dalam SLG ini, perwakilan TNI/Polri, BPBD, akademisi, tokoh masyarakat dan agama, perwakilan sekolah, perwakilan media serta OPD terkait lainnya. (*Pepenk)