Polres Lembata Gelar Apel Siaga Dukung Pengamanan Presiden dan Wapres


Zonalinenews-Lembata,- Bertempat di lapangan upacara Mapolres Lembata Pada Jumat 18 Oktober 2019 Sekitar pukul 08.15 WITA , berlangsung kegiatan Apel Kesiap Siagaan TNI / Polri di Wilayah Provinsi NTT, dalam rangka mendukung Pengamanan Presiden dan Wakil Presiden RI Periode 2019- 2024.

Selaku Inspektur Upacara Waka Polres Lembata Kompol, Alvianus Wabang didampingi Danramil 1624 Lewoleba Kapten Inf. C.H.B Iksan dan Komandan Upacara IPDA Marjuni.

Dalam amanat Kapolda NTT yang di bacakan oleh Inspektur Upacara menjelaskan apel kesiapsiagaan ini dalam rangka mendukung pengamanan pelantikan Presiden dan wakil presiden RI, periode 2019-2024

Lanjutnya, kehidupan demokrasi di indonesia telah memberikan ruang kebebasan bagi masyarakat untuk berserikat, berkumpul dan menyampaikan pendapat yang dijamin oleh konstitusi, serta diberikan hak politik yang luas untuk terlibat dalam roda pemerintahan.

Sebagai sebuah pesta demokrasi, pemilu serentak 2019 adalah bagian dari kemerdekaan rakyat untuk memilih kepala negara atau kepala pemerintahan, sehingga perlu adanya jaminan keamanan.

Kapolda menegaskan, pada konteks inilah peranan tmi/polri dalam mengawal dan mengamankan proses pelantikan presiden / wakil presiden terpilih harus terlaksana secara optimal tanpa ada gangguan yang akan mengancam ataupun menggagalkan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih.

Kapolda menambahkan, pada tanggal 17 april 2019 rakyat indonesia telah melaksanakan pemilu serentak, pesta demokrasi menjadi tonggak sejarah indonesia sebagai pemilu terbesar ketiga di dunia setelah india dan amerika serikat pemilu di indonesia pada tahun 2019 dilaksanakan secara serentak yaitu pemilihan dalam waktu bersamaan antara lain pemilihan presiden dan wakil presiden serta pemilihan legislatif pada tingkat pusat provinsi kabupaten dan kota.

Menurut Kapolda, peningkatan kerawanan kamtibmas ditandai dengan terjadinya pergerakan aksi unjuk rasa dari elemen mahasiswa di sejumlah daerah termasuk wilayah nusa tenggara timur untuk menolak sejumlah rancangan undang-undang. Diantara aksi mahasiswa tersebut bahkan sempat menimbulkan gejolak di beberapa tempat di indonesia.

Lebih lanjut Kapolda menjelaskan, ancaman-ancaman seperti ini harus kita antisipasi agar tidak terjadi menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden indonesia tahun 2019 yakni : bapak Ir H Joko Widodo dan Prof Dr. Kyai H Ma’ruf Amin yang akan dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober 2019 mendatang

Berbagai potensi kerawanan pada saat pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih harus dapat dikelola dan ditangani secara profesional dan akuntabel. Tentu upaya ini tidak akan berhasil apabila tidak didukung oleh semua puhak terkait, khususnya peran TNI yang ditempatkan sebagai leading sektor pengamanan pada tingkat pusat.

” Kesempatan ini pula, saya juga mengingatkan kepada seluruh jajaran untuk minimalisir segala tindakan kontra produktif yang justru dapat mencederai nilai-nilai demokrasi dan menurunkan citra aparat keamanan dimata masyarakat,” piinta Kapolda.

Lanjutnya, situasi dan kondisi politik saat ini sangat menuntut kesiapan dan kehadiran polri untuk bersinergi dengan tni dan instansi lainnya dalam menjaga serta menjamin keamanan di wilayah Republik Indonesia khususnya daerah Nusa Tenggara Timur. Apel pengamanan ini, dilaksanakan untuk mengecek kesiapan personel termasuk kesiapan perlengkapan perorangan peralatan lain yang dimiliki dalam menunjang tugas polri dan cara bertindak harus dipersiapkan serta direncanakan dengan baik nantinya.

Pantaun Zonalinenews, adapun Peserta upacara jajaran perwira Polres Lembata,
~ 1(satu) SST Personil TNI, 1( Satu) SST Sat L. Lantas Polres Lembata, 1(satu) SST Sat. Dalmas Polres Lembata, 1(satu) SST Gabungan Sat. Fungsi Polres Lembata, 1(satu) SST Gabungan Sat. Pol Air dan KP3 Laut Polres Lembata, 1(satu) SST Gabungan Sat. Intelkam dan Reskrim Polres Lembata , 1(satu) SST Sat. Pol PPP 1(satu) SST Pramuka cabang Lembata.
dengan umlah peserta upacara yang hadir kurang lebih 210 orang.(*Rita Senak)