PT. Dafe Putri Pratama Mandiri Dilaporkan Ke Polisi Dengan Kasus Penyerobotan Tanah


Foto Pemilik Tanah Elton Tedy Giri Yang Didampingi Kuasa Hukum Tommy jacob, SH Dan Deny Adrianus Imanuel Doro, SH Saat Buat Laporan Kasus Penyerobotan Tanah Di Polsek Kelapa Lima

ZONALINENEWS.COM – KUPANG, PT. Dafe Putri Pratama Mandiri pemilik Perumahan Puri Lasiana Indah yang berlokasi di Rt 12/ Rw 003 Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT) dilaporkan ke Polsek Kelapa Lima oleh pemilik tanah Elton Tedy Giri warga Rt 18/ Rw 004 Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang yang didampingi oleh Kuasa Hukum Tommy Jacob, SH dan Deny Adrianus Imanuel Doro, SH dengan kasus dugaan penyerobotan tanah, Jumat 18 Oktober 2019, sekira pukul 16.30 wita.

Tommy Jacob, SH Kuasa Hukum Elton Tedy Giri mengungkapkan, kliennya sudah membuat Laporan Polisi (LP) terhadap salah satu pimpinan di PT. Dafe Putri Pratama Mandiri, Frits Bessie dengan kasus penyerobotan tanah milik Elton Tedy Giri di Rt 12/ Rw 003 di Kelurahan Lasiana oleh PT. Dafe Putri Pratama Mandiri yang sudah dijadikan Perumahan Lasiana Indah. Menurut dia, kliennya tersebut sudah memiliki sertifikat tanah seluas 3.951 meter persegi itu sejak tahun 1986. Bahkan sertifikat tersebut sudah melalui proses roya sebagai jaminan peminjaman uang di Bank. “Artinya dari tahap proses roya yang disetujui oleh Bank ini karena sertifikatnya tidak bermasalah,” kata Tommy kepada zonalinenews.com di Polsek Kelapa Lima, Jumat 18 Oktober 2019, sekira pukul 17. 30 wita.

Dia mengatakan, tanpa ada pemberitahuan atau ijin dari kliennya, Frits Bessie selaku salah satu pimpinan di PT. Dafe Putri Pratama Mandiri sudah melakukan kegiatan pembangunan Perumahan Puri Lasiana Indah di tanah milik kliennya tersebut. “Jadi tindakan ini sudah masuk pada unsur pasal 385 yang mana dia menjualbelikan tanah yang sudah memiliki sertifikat atas nama orang lain yaitu Elton Tedy Giri,” ungkap Tommy.

Dia menjelaskan, sertifikat tanah tersebut atas nama Elton Tedy Gini ini tidak bermasalah, sehingga ketika dilakukan roya oleh Bank kembali kepada pemilik tanah dengan atas nama kliennya tersebut pada Bulan agustus 2019 kemarin berjalan lancar tanpa hambatan. “Ketika pihak Bank melalukan roya kembali sertifikat ini atas nama Elton Tedy Giri tidak ada masalah. Seandainya ada masalah kita bisa tau, dan tidak mungkin realisasi peminjaman dengan jaminan sertifikat ini bisa terjadi,” papar Tommy.

Dia menambahkan, kliennya baru tau ada pembangunan perumahan dilokasi tersebut ketika klienya melakukan kloning tanah bersama dengan pihak pertanahan, lurah dan beberapa saksi sebagai pemilik batas lahan masing – masing.

Sementara itu Panit I Reskrim Polsek Kelapa Lima IPDA Duran saat dikonfirmasi zonalinenews.com membenarkan pada Jumat 18 Oktober 2019 salah satu warga Rt 18/ Rw 004 Kelurahan Lasiana, Elton Tedy Giri yang mengaku sebangai pemilik tanah telah melaporkan salah satu pimpinan di PT. Dafe Putri Pratama Mandiri, Frits Bessie ke Polsek Kelapa Lima dengan kasus dugaan penyerobotan tanah di Rt 12/ Rw 003 Kelurahan Lasiana. Menurutnya, laporan pelapor tersebut masih dalam tahap penyelidikan . “Kita siap tindak lanjuti laporan tersebut,” kata Dura.

Frits Bessie selaku salah satu pimpinan PT. Dafe Putri Pratama Mandiri saat dikonfirmasi zonalinenews.com melalui telepon seluler tidak dapat di hubungi dan SMS tidak dibalas. (*hayer)