Kades Menghadap Kadis PMD, Dana BUMdes Desa Oebou Segera Dicairkan


Kadis PMD Yames M.K Therik,SH

Zonalinenes.Com-Ba’a.Seperti yang telah diberitakan Media ini sebelumnya bahwa di Desa Oebuo Kecamatan Rote Barat Daya,Kabupaten Rote Ndao telah terjadi ketidakberesan dalam pengelolaan Dana BUMdes Tahun 2018 dan 2019. Pasalnya Dana BUMdes Tahun 2018 dan 2019 yang sudah direalisasikan dalam program Desa tersebut tidak berjalan atau fiktif.

Hal tersebut kata Kadis PMD Yames M.K Therik,SH,dirinya telah memanggil Kades Oebou, Kepala Urusan Keuangan Desa Oebou dan Ketua BUMdes Desa Oebou Stefanus Adu, pada hari Kamis 14 November 2019 lalu, guna dimintai penjelasan dan pertanggung jawabannya terhadap pengelolaan Dana BUMdes yang belum jelas peruntukannya.

Kepada Zonalinenews.com Sabtu 16/11/2019, Pukul 12:11 WITA, Kadis PMD, Yames Therik mengatakan, menyangkut penyertaan modal dari Dana Desa ke Badan Usaha Milik Desa (BUMdes)ketika dibentuk BUMdes tersebut, pengurus BUMdes Stefanus Adu berangkat ke Papua, setelah itu proses pembukaan rekening di Bank tidak bisa dilakukan sehingga Dana penyertaan modal dari Dana Desa Tahun 2018 berjumlah 86 juta rupiah tidak bisa dicairkan maka dana tersebut disilpakan.

Therik menambahkan, dalam perjalanan Tahun 2019 sekitar bulan September,Ketua BUMdes Desa Oebou Stefanus Adu baru pulang dari Papua sehingga prosesnya baru akan dimulai dan segera akan dicairkan Dananya.

“Jadi setelah saya panggil, mereka menjelaskan bahwa hari senin ini selesai buka rekening, kemudian langsung dengan BUMdes mengajukan rencana kegiatan, karena pak Kades sudah kasi surat Kuasa, jadi setelah dibuka rekening baru ditrasfer,”ungkapnya.

Dijelaskan bahwa penyertaan modal Dana Desa Tahun 2018 ditambah dengan penyertaan modal Dana Desa Tahun 2019 tersebut berjumlah 110 juta Rupiah, akan segera dicairkan dan digunakan untuk bidang usaha penyewaan tenda dan kursi serta usaha jual beli gula.

Harapanya bahwa BUMdes yang ada di Desa dapat mengelola produk unggulan di Desa, baik itu pariwisata, pertanian, peternakan dan perkebunan serta diurus secara baik dan benar.(*Tony)