Alm. Cornelis Tapatab, Dimata Generasi Muda TTS Saat Ini


Zonalinenews-Soe,- Berpulangnya Alm. Drs. Cornelis Tapatab, mantan Bupati Kab. Timor Tengah Selatan (TTS) periode 1973-1983 pada hari Senin 18 Nopember 2019, menyisahkan duka mendalam bagi masyarakat TTS, tak terkecuali pemuda di bumi cendana wangi ini.

Sebagai aktivis pemuda, turut merasakan kehilangan seorang tokoh yang sangat diidolakan, ungkap Mel Teftae dalan diam dan merenung.

Lanjut Mel Teftae dalam tatapan kosongnya mengutarakan kalau selama kurang lebih 15 tahun dirinya mengenal Almarhum Drs. Cornelis Tapatab dan cukup dekat dengan Almarhum.

Kata Mel, Almarhum adalah sosok yang ramah, dan bersahabat dengan semua kalangan, Eks Birokrat yang tenang dan disiplin, Politisi yang dingin dan konsisten dalam pikiran, perkataan dan tindakan nyata.

Sambil berkisah, Mel bertutur sewaktu masih aktif di LSM Today, dirinya sering menghadirkan Almarhum sebagai narasumber dalam berbagai seminar dan diskusi diskusi, baik diskusi terbatas maupun diskusi publik pada kapasitas sebagai tokoh pemerhati dan sesepuh di TTS.

Banyak motifasi dan pengalaman yang Almarhum bagikan kepada saya, kita dan kami. Dan tak hanya itu, bahkan Almarhum pernah memberi support pada sejumlah aksi nyata yang kami lakukan demi keberpihakan akan kebutuhan masyarakat TTS saat itu di bumi cendana wangi ini.

“Salah satunya adalah aksi penolakan tambang mangan diwilayah kabupaten TTS;” tutur Mel.

Lanjutnya, dirinya masih ingat. Almarhum Drs. Cornelis Tapatab aktif sekali dalam aksi kala itu. Bahkan sesudah itu Almarhum sempat menjadi salah satu dewan pakar di LSM Today.

“Sebagai generasi muda, saya sangat merasa kehilangan tokoh panutan, narasumber sejati dan motivator besar,” tutup Mel. (*Elli)