Andreas Hugo Pareira Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di SMA Alsiora Ende


Zonalinenews-Ende;- Anggota MPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Andreas Hugo Pareira, menggelar sosialisasi 4 pilar kebangsaan kepada ratusan siswa SMA Alsiora, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, Jumat 29 November 2019.

Andreas Hugo Pareira atau yang akrab disapa AHP mengatakan, seluruh anggota MPR ditugaskan untuk menggencarkan sosialisasi empat pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika ke daerah pemilihannya masing-masing.

Sejarah Bangsa Indonesia tidak akan bisa dilepaskan dari Kabupaten Ende. Di Ende kata Andre Hugo, Soekarno merumuskan ide Pancasila, dasar bernegara dan berbangsa yang mempersatukan kita yang terdiri dari berbagai macam suku bangsa, budaya dan agama. Empat Pilar Kebangsaan adalah fondasi dan pilar utama kita dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Anggota MPR RI Fraksi PDI Perjuangan ini menjelaskan, pemahaman Empat Pilar Kebangsaan penting diketahui oleh generasi muda sejak dini karena mereka merupakan penerus masa depan bangsa dan negara.

“Sebagai pelajar dan generasi muda perlu memahami dan menanamkan nilai-nilai kebangsaan sejak sekarang. Karena dipundak kalian masa depan bangsa ini akan diserahkan. Di era kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, generasi muda harus memiliki pemahaman kebangsaan yang benar sehingga dapat menangkal berita-berita hoaks yang tujuannya memecah persatuan Bangsa Indonesia, “ungkap AHP.

Anggota MPR RI kelahiran Maumere ini menambahkan, bekal yang paling penting dalam hidup adalah apa yang ada di dalam isi kepala kita, yang kita dapatkan dari pendidikan.

“Pendidikan harus menjadi kunci untuk menepis ancaman-ancaman radikalisme yang sedang marak di republik ini,” ucapnya.

Selain itu, AHP juga memotivasi para siswa agar cerdas memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.

Ia meminta Generasi muda harus semakin kreatif dan inovatif dengan adanya kemajuan teknologi informasi karena semua hal di dunia ini bisa diakses secara mudah dan real time dengan adanya internet dan “smartphone”.

“Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi harus benar-benar bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, kesejahteraan diri, keluarga, lingkungan dan daerah kita, “ungkap AHP melalui pesan WhatsApp yang diterima Zonalinenews, Sabtu 30 November 2019.(*Kons Hona)