Balasan Tim Siswa SMP, Masuk 16 Besar Cerdas Cermat Fisika IX


Zonalinenews-Kupang;- Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Fkip), Universitas Nusa Cendana yang tergabung dalam Kelompok Studi Fisika (Ksf), melombakan siswa siswi SMP se Nusa Tenggara Timur (NTT). Balasan Tim siswa SMP akhirnya berhasil terobos masuk 16 besar di Cerdas Cermat Fisika (CCF) IX, Rabu 13 November 2019.

Sebelumnya 32 tim siswa SMP yang tersebar di Kabupatan Kota Se-NTT mulai berlomba pada Tanggal 12 dan 13 November 2019 di Aula BAAKPSI lama Undana, kegiatan itu (CCF) mengangkat tema “Bersama Fisika Untuk NTT Dalam Menciptakan Yang Cerdas, Cermat Dan Berprestasi”

Baca Juga Zonalinenews: KSF Undana Lombakan Siswa SMP Se-NTT Di Cerdas Cermat Fisika IX.

Kristian seorang peserta SMP SK Kota Goa, yang sekolahnya berhasil lolos ke babak 16 besar, kepada awak media mengekspresikan syukurnya, sebab Ia baru pertama ikut lomba itu (CCF), dan injakan kaki di kota Kupang.

”Saya sangat senang dan bersyukur bisa mengikuti lomba CCF, karena ini merupakan kali pertama saya mengikuti lomba CCF dan merupakan kali pertama saya menginjakkan kaki di kota Kupang,” tutur Kristian, terharu.

Ketua Kelompok Studi Fisika Yohanes Oa Yona, kepada wartawan menyampaikan, salah satu krisis yang tengah melanda negara ini adalah krisis pendidikan. Hal itu bisa dilihat dari hasil akhir ujian Nasional siswa di NTT yang hampir merosot.

“Ini yang kemudian menjadi dasar pijakan Kelompok Studi Fisika (KSF) terus bekali siswa-siswa sejak dini dengan Ilmu pengetahuan yang ada. Merosotnya hasil ujian akhir siswa, ini salah satu dasar yang kemudian mengugah kami untuk terus bekali siswa-siswi sejak dini. Puji syukur CCF sudah yang Ke IX, dan telah masuk pada tahap 16 besar,” pungkas Yohanes.

Ketua Panitia Cerdas Cermat Fisika IX Fkip Undana Erwin A.G Mau Kepada Zonalinenews saat jumpa pers meyampaikan, tujuan kegiatan itu untuk membangun semangat bersaing secara sportifitas bagi generasi muda Indonesia sejak Dini .

“Ya..tujuannya mengembangkan kemampuan berpikir kritis, logis dan cermat bagi Siswa-siswa di Indonesia secara umum dan NTT pada Khususnya,” terang, Erwin mahasiswa Fisika Semestar VII .

Selain cerdas cermat fisika, Erwin menambahkan panitia juga lakukan pengamatan benda-benda langit, dan study tour ke toko-toko buku dan museum di kota Kupang, bersama para siswa dan Dosen.

“Dalam CCF ini, kami dan dosen ada agenda tambahan yaitu teropong benda-benda langit bersama siswa-siswi selama Dua malam, dan study tour ke Gramedia, dan ke Museum besok (Kamis 14 November 2019),” papar Erwin Mau.

Baca Juga Zoninenews: Live KSF Pertunjukan Benda Langit Pada Siswa SMP, Peserta CCF IX.

Peserta CCF tiap Kabupaten di luar kota kupang, tamba Erwin, sementara ditampung Panitia di Rusunawa Undana. Jadwal CCF IX, Tanggal 25 Oktober 2019 Seleksi di tiap kabupaten Kota, 28 Oktober 2019 pengumuman babak pengisian, Tanggal 12-13 November Babak 32 besar, tanggal 14 Babak 16 besar, tanggal 15 November babak 8 besar, tanggal 16 November Final.

“Peserta Kami siapkan tempat nginap di Rusunawa Undana. Beberapa hari ini babak pengisian. Tadi 32 besar sudah selesai, dan akan melanjutkan ke 16 besar. Sabtu nanti Final,”tutup Erwin.

Informasi yang berhasil diperoleh Zonalinenews, Tim yang lolos ke babak 16 besar lomba CCF IX tingkat SMP/MTs se NTT antara lain.

SMPK Jibrail Kalabahi, SMPN 1 Sabu Barat, SMPSK Kotagoa, SMPK St. Asumta, SMPN 2 Bajawa, SMPN 1 Maumere, SMPK St. Theresia tim A, SMPN 2 Kupang tim c, SMPK St. Theresia tim b, SMPK St. Theresia tim c, SMPN 2 Kupang tim b, SMPK St. Josef Tambolaka, SMPN 2 Kupang tim A, SMPK Citra Bangsa tim C, SMPK Citra Bangsa tim B, SMPN Dian Harapan Kupang.(*Alfani Kareri Hara/EA)