Banggar DPRD Flotim Tangguhkan 9 Miliar Kegiatan SPAM IKK Ile Boleng


Ketua DPRD Flotim Rebort Kreta

Zonalinenews-Larantuka, Tim Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Flores Timur ( Flotim) menangguhkan usulan anggaran Dinas PUPR terhadap kegiatan SPAM IKK Ile Boleng sebesar Rp. 9 Millliar pada tahun anggaran 2020, dan dialihkan ke beberapa item pekerjaan diantaranya 3 miliar untuk jalan masuk ke sumber mata air, 1 Miliar SPAM IKK Lewolema, 4 Miliar untuk akses jalan masuk menuju ke Rumah sakit Adonara fan 1,5 Miliar untuk TPA Riangkoli kecamatan Tanjung Bunga serta 200 juta untuk Talud Lamawalang.

” Walaupun anggaran Rp 9 miliar yang diusulkan itu ditangguhkan tetapi pada prinsipnya lembaga DPRD dan Pemerintah Kabupaten Flores Timur tetap memiliki komitmen untuk kebutuhan air Ile Boleng ke masyarakat. Ini akan dianggarkan lagi tahun 2021,”kata Ketua DPRD Flotim Rebort Kreta saat diwawancarai, usai menutup sidang Banggar DPRD Flotim, Kamis 28 November 2019 di ruang kerjanya.

Menurut Politisi PDIP sekaligus sebagai anggota DPRD tiga periode ini mengatakan, pemenuhan penganggaran teknis pada tahun anggaran 2021 Tim Banggar DPRD Kabupaten Flores Timur kali ini bersepakat mengalokasikan dana sebesar 3 Miliar untuk membangun akses jalan ke arah sumber mata air yang baru di dusun Hone Adonara Tengah. Langkah ini di ambil agar dapat memberikan ruang bagi Dinas PUPR untuk mendesain perencanaan teknis yang lebih baik dan lebih matang.

Dukatakan Robert, tugas dinas terkait melakukan kajian lebih jauh yang bertujuan untuk memudahkan akses pekerjaan teknis ke depan, seperti pada saat pendropingan material proyek nantinya dan saat keluar masuk kendaraan hingga lalu lintas ke lokasi mata air.

” Dana 9 miliar itu akhirnya dialihkan ke beberapa item pekerjaan diantaranya 3 miliar untuk jalan masuk ke sumber mata air, 1 Miliar SPAM IKK Lewolema, 4 Miliar untuk akses jalan masuk menuju ke Rumah sakit Adonara, 1,5 Miliar untuk TPA Riangkoli kecamatan Tanjung Bunga, 200 juta untuk Talud Lamawalang.
Ini adalah sebuah langkah bijak yang kami ambil bersama pihak Pemerintah,
baik Dewan maupun Pemerintah tetap berupaya untuk melayani rakyat termasuk ile Boleng, SPAM IKK ile Boleng tetap di lanjutkan pada tahun 2021,”tutur Rebon Kreta.

Ketua DPRD Flotim meminta pada Pemerintah dalam hal ini Dinas PUPR mempersiapkan perencanaan teknis kedepan agar dapat melaksanakan pengerjaan ke sumber mata air dengan konstruksi yang lebih baik.

“Apakah dengan menggunakan konstruksi Hotmix, rabat beton,lapen itu kajian teknis PUPR,”pungkas Robert Kreta.

Sementara itu Kepala Dinas PUPR Dominikus Demon, SH di menjelaskan, penangguhan usulan dana 9 miliar lebih itu diutamakan pekerjaan jalan masuk dulu ke mata Air, sebelum pekerjaan konstruksi SPAM IKK ile Boleng berjalan di tahun 2021.

” Saya kira sangat obyektif.
Kami tetap fokus pada bangun jalan masuk ke mata air,”ujar Demon.

Soal konstruksi jalan yang dibangun demon mengatakan konstruksi menggunakan rabat beton karena disesuaikan dengan tekstur tanah dan medan yang akan dilalui sedangkan kajian teknis perencanaan akan di persiapkan secara baik kedepan, agar tahun anggaran 2021 sudah selesai dan tinggal dilanjutkan dengan konstruksi SPAM IKK ile Boleng.(* Rita Senak)