BONUS GUBERNUR NTT, MENJADI SPIRIT BAGI SMK1 SoE


Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK1) SoE, Eduard Alle

Zonalinenews-SoE;- Bonus pemanfaatan lahan kritis yang tanpa pernah dibayangkan yang diberikan gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Laiskodat disela-sela pemakaman mantan Bupati Timor Tengah Selatan almarhum Cornelis Tapatab berupa sejumlah uang yang tak disebutkan, Seolah memberikan spirit bagi Dewan guru dan pendamping serta siswa siswi SMK 1 SoE kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS)

Ketika ditemui media Zonalinenews Rabu 27 Nopember 2019, Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK1) SoE, Eduard Alle menuturkan kalau SMK itu pada prinsipnya adalah dapat menghasilkan sesuatu.

Walaupun baru menjabat lima bulan dan basic nya bukan pertanian, namun sebagai pemimpin yang dipercayakan dan ditempatkan di SMK1 SoE, dirinya harus bisa menyesuaikan diri dan mampu beradaptasi serta merangkul semua komponen yang ada di SMK1 SoE untuk mampu bersaing dengan apa yang sudah ada sebagai kekuatan di SMK1 SoE.

Menurut Kepsek SMK1 SoE, bahwa apa yang telah diberikan berupa sejumlah uang, walaupun dirinya tidak berada saat itu dan sementara bertugas di luar untuk urusan sekolah.Namun, apa yang telah diberikan oleh bapak gubernur NTT, Viktor Laiskodat adalah cambuk motivasi untuk SMK1 SoE terus berbenah dan memaksimalkan semua potensi yang ada pada SMK1 SoE.

Sejumlah dana yang diberikan oleh bapak Viktor Laiskodat yang diterima wakil kepala sekolah saat itu, kini sementara oleh ketua program melalui rapat telah disepakati untuk menyusun Rencana Anggaran Biaya dalam rangka mendukung peningkatan pemanfaataan lahan dan hasil produksi yang sementara digalakan di SMK1SoE. Tutur Kasek Eduard Alle

Lanjut Kasek SMK1 SoE, salah satu program pak Gubernur Viktor Laiskodat yang sementara dipersiapkan dan dalam proses persemaian adalah benih kelor.

Dan persemaian benih kelor sudah dilakukan untuk musim tanam tahun ini, dan lahannyapun sudah diolah dan disiapkan serta persemaian sementara dalam tumbuh kembangnya serta semua sifatnya organik.

Lokasi khusus untuk penanaman kelor adalah persis berseberangan jalan dan berhadapan langsung dengan pintu masuk ke kantor bupati TTS.

Motifasi dari alumni SMK1 SoE, atas inisiatif alumni walaupun tak teroganisir namun punya kepedulian lewat syukur bersama dan bantuan benih untuk SMK1 SoE yang diwujud nyatakan pada tanggal 25 Nopember 2019 sekaligus memperingati hari guru,

” Menjadi dorongan semangat kami dewan guru dan siswa siswi di SMK1 SoE untuk harus terus dan terus berkarya dan menciptakan generasi yang handal dari SMK1 SoE, “ungkap kapsek SMK1 SoE

Dan dalam hal pemanfaatan lahan, diakui kepsek SMK1 SoE, kalau potennsi ketersediaan lahan ada, semangat dan motivasi serta pendampingan dewan guru serta tenaga pendamping teknis siap.

” Namun dengan lahan yang begitu luas tanpa pagar, hama paling utama adalah sapi yang dilepas bebas berkeliaran yang setiap saat menyerang tanaman yang telah ditanam,” sesal Kepsek SMK1 SoE Eduard Alle. (*Elli)